Monday, October 16, 2017

#CurhatanBukIbuk: Quotes Jagoan Pengobat Gundah


Holla.. 

Nggak ngerti lagi mau kasih judul apa. Ya begitulah kira-kira inti dari postingan ini. Hal yang ringan kali sih ini sebenarnya, tapi semoga tetap berfaedah ya. Mau ngeshare quotes jagoan yang sering menjadi obat dikala hati ini gundah. Nggak usah ditanya, apalagi dibahas gundah tentang apa? Sudah pasti gundah gulana menjalani kehidupan seorang Ibu yang harus serba-serba.. bisa! Wajib banyak-banyak.. sabar! Mesti kuat-kuat... badan, kuping, hati, mata, dan iman! Please jangan komentar "harus ikhlas ya" karena nggak nyambung. Ikhlas itu di hati dan niat, kalau itu cukup jadi urusan masing-masing. Sedangkan lelah itu, dibadan. Mumet itu, dikepala.

Tapi aku yakin setiap Ibu punya cara sendiri untuk membuat hati, kepala dan badanya tetap "sehat". Kalau aku sih juga punya banyak cara, tapi yang paling asyik dan lebih mujarab itu baca-baca quotes di Pinterest. Khususnya yang berhubungan dengan motherhood. Lebih cepat ngenak-nya. Dan disaat otak ini super butek, sampe-sampe nyiptain afirmasi positif-pun tak sanggup lagi. Ya meresapi quotes ini udah yang paling betul lah.




Jurus mengucapkan kata-kata positif atau afirmasi positif ini sebenarnya udah dipraktekin dari jaman abegeh dulu, kalau lagi jenuh sama sekolahan atau beratnya menjalani hidup sebagai anak yang baru beranjak dewasa. Lalu ketika hamil Bang Abi kemarin, mulai lagi familiar dan akrab sama afirmasi positif karena merupakan bagian dari senam hamil Yophita yang aku jalani. Dan beneran emang bikin lebih siap aja ngadapin sesuatu yang rasanya nggak bakalan gampang dijalani. 

Ada banyak quotes yang aku pin di board Pinterest, tapi ini beberapa yang paling sering jadi pengingat dan penyemangat. 


SOURCE

Ini tuh bikin sadar dan sering nampar aku kalau lagi kacau-kacaunya. Kacau gimana? Kacau-nya ngerasa kayak dapet capeknya aja. Iya, kadang aku suka lupa kalau sejak jadi ibu intensitas ketawa dan senyum jadi lebih sering dan gampang. Liat wajah anak melongo karena serius meratiin sesuatu yang dia liat aja bisa lucu kali rasanya. Liat mata anak natap kita aja bisa bahagia minta ampun. Dengar ocehan anak aja bisa merdu kali rasanya, walaupun nggak jelas apa yang diucapkan. Nyium asem keringat anak aja bisa seger bak esential oil yang menenangkan itu rasanya. Dengar dengkuran anak pas tidur aja bisa ngakak-ngakak sendiri.

SOURCE

Kadang kangen ya sama masa-masa sendiri, masa-masa sebelum nikah dan sebelum punya anak. Apapun bisa cus sana cus sini. Bisa dilakukan sesuka hati dan semaunya. Tapi seribet dan serepot apapun bawak anak kemana-kemana dan di lendotin 24jam non stop tetap nggak ada Ibu yang mau dan sanggup membayangi hidup tanpa anaknya. Pasti bakalan nelangsa sejadi-jadinya.

SOURCE

Ini kalau udah lowbat seharian tapi anaknya masih segar bugar dan nggak ngantuk-ngantuk. Ya ampuuuun, hari rasanya panjang sekali dan ingin cepat-cepat malam biar bobok zzzz. Tapi juga sadar, pas ngelihat anaknya udah bisa jalan. Manggil "amahhh". Deg! Waktu, cepat sekali kamu berlalu. Hiks. Jadi reminder untuk menghargai setiap detiknya bersama si kecil.

SOURCE

Bangun tidur yang kepikiran dikepala tuh bukan hanya satu hal. Blek! Semua kepikiran dan penting untuk dilakukan segera. Tekanan dari dalam diripun muncul. Dugh!! Mana dulu nih yang mau dilakukan?? Bakalan tekejar nggak ini waktunya?? Mana anak mau mandi karena diapers udah full. Kayaknya juga udah laper. Belum lagi nyiapin bekal bapaknya. Ya.. banyak kan buk-ibuk yang punya gambaran pagi hari seperti itu? Tos! Sama. Hehe

SOURCE

Yup!! Ini quotes yang sering bikin mewek. Jadi ibu harus kuat, karena ada simungil yang bertumpu pada kita. Orang yang paling tulus dalam pelukannya. Pelukan yang benar-benar memeluk kita dengan segenap jiwa raganya. Karena apa? Karena dia hanya tahu kita lah yang pantas dia peluk dan kitalah segalanya. Kitalah dunianya. Jadi.. SEMANGAT MOMS!!!

SOURCE

Jadi Ibu itu, kita harus pegang komitmen semantap mungkin. Meneguhkan hati seteguh mungkin. Bukan satu atau dua perkara yang harus kita kerjakan dan selesaikan. Keadaan membuat kita melakukan hal-hal yang terkadang (kita pikir) diluar kemampuan kita, dan ini sering. Belajarnya seorang Ibu tidak ada akhirnya. Setiap saat, setiap waktu, setiap hari dan entah sampai kapan berakhir. Pelajaran bagi seorang ibu juga sangat banyak. Kalau ada bobot SKS-nya, entah bakalan berapa SKS. Alamat nggak tama-tamat. Jadi Ibu juga bukan seperti ilmu pasti yang jawabannya mutlak. Seberusaha kerasnya kita melakukan sesuatu dengan baik, ya ada aja salahnya, ya ada aja kurangnya, ya ada ajalah penyesalannya. Ya, Ibu juga sedang berproses.

SOURCE

Sebagai orang yang moody-an. Jadi Ibu ini jadi tantangan sendiri buat aku. Nggak bisa suka-suka hati ini. Mau gimana-pun isi hati, semalas apapun untuk ngelakuin sesuatu, sebesar apapun masalah yang diahadapi. Ya urusan anak tetap jalan. Pekerjaan rumah tangga harus tetap terlaksana. Kayak kata quotesnya Lysa Terkeurst ini, "bad moments don't make bad mamas".

SOURCE

Nah, ini biar nggak jadi Ibu yang resek. Biar nggak suka komenin kehidupan buk-ibuk lainnya. Hehehe. Intinya biar lebih bisa menahan diri aja. Nggak perlu berusaha jadi juara karena lagi nggak lomba. Jangan sampai nunjukin rasa insecure kita dengan cara yang menyudutkan orang lain dan malah ngejatuhi karakter kita.

Jadi itu 8 quotes favorit aku.
Mungkin untuk perempuan single atau yang belum memiliki anak kalau baca postingan ini dan mikir "berat amat sis jadi ibu?" Saya cuma bisa jawab. "Hidup emang berat say! Tapi tetap happy." Haha. Nggak hanya menjadi Ibu yang banyak lika-liku. Semua proses kehidupan dan status dalam hidup yang kita jalani itu ada resikonya tapi juga banyak berkahnya yang membawa kebahagiaan.

Nyebut kata "capek" "berat" dan "lelah" bukan berarti orangnya mau lari, nyesal, atau nggak bahagia. Itu adalah ungkapan kata. Bentuk hal yang dirasain. Sesimple nyebutin "apel itu manis" "bunga itu harum" "cabe itu pedas" dan "berlian itu mahal". Udah gitu aja.

Baiklah, kita akhiri saja postingan ini ya.
Btw, punya quotes favorit juga? Share di kolom komentar ya...

XOXO

Madamabi___


No comments:

Post a Comment

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Roti Besak | Dah Enak - Besar Kali - Murah Pulak

Holla... Sebagai pengidap asam lambung dan maag yang cukup akut, wajib bagiku untuk sarapan sebelum beraktifitas. Menunya bisa apa ...