Friday, October 20, 2017

Pregnancy Journal: Memilih Dokter Kandungan Di Kota Medan


Holla…

Ini adalah postingan kedua untuk Pregnancy Journal setelah postingan prolog kemarin. Dikehamilan pertama kemarin, aku memutuskan untuk konsultasi ke dr. Angel Jelita Sp.OG. Kenapa? Nah ini yang bakalan mau dibahas. Kali ini aku bakalan cerita pertimbanganku dan hal-hal yang aku pikirin ketika pilah-pilih dokter kandungan kemarin yang cukup bikin galau. Apalagi untuk kehamilan pertama ya. Ya wajar, pasti kita masih asing dengan yang namanya dokter obgyn dan bahkan belum pernah sama sekali konsultasi dengan dokter spesialis ini.


Baca Juga: 

PREGNANCY JOURNAL: PROLOG


Dan, berhubung aku berdomisili di Medan, mungkin ini bisa bermanfaat juga untuk para calon Mama yang berdomisili di Medan juga ya..


Menggali Informasi

Tapi sebelum memutuskan memilih dokter tertentu, ada baiknya kita menggali info sebanyak-banyaknya. Apalagi jaman sekarang ya bok. Sumber informasi itu banyak, malah karena sangat banyak jadi bomerang kekita karena justru jadi kebingungan milihnya. Wkwkwk. 

Jaman sekarang untuk hal yang ini gampang banget ya. Tinggal search aja di internet dokter mana yang rekomen di daerah kita masing-masing. Kalau aku dulu itu banyak dapat infonya dari ibuhamil.com. Disitu tuh para buk-ibuk dermawan sekali semuanya. Pada ngeshare info yang detail sedetailnya.

Selain googling aku juga ngobrol-ngobrol dengan teman, saudara dan tetangga. Pokoknya semua orang yang dijumpai dan pernah hamil ditanyai lah. Untuk hal ini kayaknya kepo bisa di tolerir ya. Hahaha.



Tapi emang karena udah nguji sendiri pakai test pack dan hasilnya positif, aku mikirnya perlu gerak cepat ke dokter. Udah pasti nggak sempat ngumpulin lebih banyak info lagi. Nah, kalau saran aku sih lebih baik dari awal kita promil udah mulai deh searching tentang dokter kandungan ini. Biar lebih mantap gituh. 



Bikin List

Iya bener, kamu nggak salah baca. Bikin list itu cukup penting buat aku. Biar nggak kelimpungan dan jadi lebih mudah memutuskan. Maap yee.. aku anaknya hobi ngelist. Segala macam dilist. Hahaha. 

Setelah gali info dari sana sini pasti ada satu masalah yang datang. Apa itu? Bingung! Wkwkwkw. Iya bingung karena ngantongi beberapa nama dokter yang semua direkomendasikan baik oleh yang memberi info. Catet beberapa nama lalu pertimbangkan beberapa hal selanjutnya. Cari info emang gampang ya, mutusinnya ini yang sulit.

Tapi aku kemarin itu, diantara beribu rasa yang berkecamuk didalam dada ini, masih sempat-sempat bikin list. Haha. 



Dibagian nge-list ini aku nggak mutusin mana yang paling baik menurut yang ngerekomdasikan ya. Tapi aku nyesuaikan dengan kondisi, keadaan dan keinginanku. Contohnya seperti: Fee, Lokasi praktek dan rumah sakit tempat bersalin nanti, dan beberapa hal yang bakalan di bahas di bawah ini juga.

Jadi, kenapa aku memilih untuk konsultasi ke dokter tersebut? Karena...

Diawal tadi udah aku sebutin ya kalau aku memilih dr Angel Jelita Sp.OG sebagai dokter kandunganku. Jadi yang aku pertimbangkan saat itu adalah..


Gender

Maaf sebelumnya, ini bukan masalah mau bias gender atau gimana, tapi ini murni masalah kenyamanan aja. Nyaman itu penting ya. Apalagi ini berkaitan dengan kondisi yang sedang mengandung. Kondisi yang cukup complicated, apalagi untuk pertama kalinya. Kita butuh dokter yang dimana saat kita bertemu dia dan diperiksa kita bisa leluasa "Ya, monggo dok." Wkwkwk. 

Pasti banyak orang yang nggak masalah dengan ini. Ya silahkan, itu pilihan dan perasaan masing-masing aja. Tapi kalau aku, ini adalah salah satu hal yang aku pertimbangkan. 


Lokasi

Untuk masalah lokasi ini aku berusaha mikirin waktu gimana kalau perutku udah gede nanti. Jadi nggak hanya mikirin waktu perutnya masih kecil aja. Ingat ketika perut kita semakin membesar nanti. Males banget lho gerak kalau perut udah besar. Kalau lokasinya kejauhan yang ada malah kita nanti males cek kehamilan pas udah masuk trimester 3. Padahal kan masa-masa yang paling penting untuk di pantau  kondisi kehamilannya.

Nah, kebetulan lokasi praktek dr Angel ini posisinya ditengah-tengah antara rumah dan kantor suami. Jadi, ini nambah poin lagi buat kita dalam mengambil keputusan. Kan karena berada di titik tengah, jadi aku dan suami sepakat untuk ketemu di tempat. Datang masing-masing dari lokasi masing-masing untuk menghemat waktu. Lalu pulang barenga. Ya masak serumah pulang masing-masing. Wkwkwk.


Jadwal Praktek

Karena niatnya mau kontrol kehamilannya barengan terus sama suami, jadi masalah jadwal praktek ini juga dipikirin. Berhubung dokternya ada jadwal yang sore, yang artinya bisa disesuaikan sama jadwal pulang kerja suami. Ya udah deh, kita sih YES!

Fasilitas dan Tarif

Fasilitas itu penting ya menurutku kalau kita ke dokter. Fasilitas disini meliputi peralatan medis yang ia gunakan seperti alat USG misalnya, pelayanan, sampai masalah kenyamanan selama kita ngantri. Dan yang paling penting sebanding tidak dengan tarifnya. Kita harus teliti survey masalah ini beberapa tempat praktik dokter atau rumah sakit.

Jangan ragu untuk menghubungi tempat praktik dokter-atau rumah sakit untuk menanyakan fee dan info tentang alat medis yang digunakan, contohnya aja alat USG. 

Selain itu kebersihan dan tempat ibadah juga penting ya menurutku. Apalagi kalau prakteknya buka sore dan ramai, pasti bakalan nunggu sampai magrib dan isya. 


Kalau aku kemarin memilih kontrol kehamilannya di praktek dokter karena secara biaya lebih irit. Hehehe. Kalau dirumah sakit kan kebayakan dikenakan biaya administrasi lagi. Tapi karena di trimester ketiga aku ganti dokter, dan dokternya hanya praktek di rumah sakit, jadi di dokter yang kedua aku kontrolnya di rumah sakit deh. Nah cerita ganti dokter ini juga bakalan di bahas di Pregnancy Journal,walaupun nggak tahu dan nggak janji kapan. Hahaha.


Untuk Kamu Yang di Medan dan Mencari Dokter Kandungan, Info di Bawah ini Silahkan di Baca ya...

Untuk yang di Medan dan juga berminat konsul dengan dokter ini kamu bisa datang ke prakteknya di jalan A.H Nasution Komp Metrolink Blok A No. 32 hp: 0811649390. Jam prakteknya, Pagi (10:00-12:00) Senin, Rabu, & Jumat. Sore (16:00-20:00) Senin s/d Jumat. Untuk Sabtu, minggu dan hari libur tutup ya. 

Tapi tenang aja, untuk kamu yang hanya punya waktu di hari sabtu karena kesibukan kerja ataupun lainnya kamu bisa ke praktek dokternya yang bertempat di RSIA Stella Maris, jalan Samanhudi No. 20 Medan Telp 061-4158383. Di rumah sakit tersebut dokter Angel praktek pada jam 10:00-12:00 pada hari Selasa, Kamis, & Sabtu. 

Untuk tarif pemeriksaan kehamilan dan USG 4D dikenakan biaya Rp. 150.000 exclude vitamin atau obat ya. Pada pemeriksaan pertama kemarin aku dikenakan biaya sekitar Rp. 500.000 lebih gitu, lupa pastinya. Itu udah sama obat-obatan dan vitamin ya. Memang sih di awal pemeriksaan agak sedikit menguras kantong. Karena obat penguat rahim itu memang cukup mahal harganya. Oia, biaya pemeriksaan ini hanya berlaku jika kamu datang langsung ke prakteknya yang di Metrolink itu ya. Untuk tarif praktek yang di Stella Maris aku nggak tahu, nggak pernah periksa kesana sih. 

*FYI: Jadi jadwal praktek dan tarif yang aku sebutkan diatas itu ketika aku mengandung dulu, tahun 2015-2016. Kemungkinan besar sudah mengalami perubahan ya. Boleh dicek langsung aja ke prakteknya untuk info lebih valid ya.


Nah, gitu tuh yang aku pikirin waktu milih dokter. Walaupun faktanya emang milih dokter ini nggak gampang yah. Aku yang sempat punya niat hanya konsultasi dengan satu dokter dari awal kehamilan sampai lahiran malah gagal mempertahankan prinsip itu. Jadi selama hamil sampai lahiran aku berhubungan dengan tiga dokter. Siapa aja dan kenapa? Hehe boleh ditunggu Pregnancy Journal selanjutnya ya. 

Thanks yang udah mampir dan baca blog ini, semoga bias ngebantu juga untuk ibu-ibu baru yang lagi bingung milih dokter.

XOXO

Madamabi___

4 comments:

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Review: Beauty Story Matte Generation Lipstick (All Shade)

Holla... Setelah beberapa waktu lalu aku bahas haul dari produk-produk Beauty Story yang aku punya dan aku dapatkan dari kerja sa...