Monday, October 2, 2017

Review & Swatch: Wardah Exclusive Matte Lip Cream 07 08 10 12 14

 "Velvet Matte with Color Binding Pigments & Enriched Vitamin E 
Soft Matte Intense Luxurious Finish"



Hollaaaaa
Review kali ini memang bukan merupakan produk baru, tapi diantara keempat lip cream ini adalah satu dari beberapa shade terbaru dari varian ini. Walaupun mungkin nggak penasaran, tapi monggo dibaca aja ya. 


YUP!
Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Dan yang akan di bahas adalah shade 07 Hello Ruby, 08 Pinkredible, 10 Berry Pretty, 12 Plum It Up, dan 14 My Honey Bee. 



Sebelum masuk ke bahasan tentang warnanya, kita bahas dulu secara keseluruhan produk ini ya. 

Packaging

Yang paling enak dibahas duluan itu tentu aja packaging. Packagingnya cukup oke, walaupun tidak ada yang begitu spesial. Tapi yang ada di review aku ini adalah desain box yang baru. Sebelumnya berwarna silver dengan tulisan keterangan berwarna hijau. Jujur, yang dulu itu kesannya jadul. Desain yang ini menurutku, mengikuti desan dari adik kandungnya yaitu Wardah Intense Matte Lip Cream yang dari awal emang desain boxnya sudah seperti ini. 

Warna box dari produk ini berbeda-beda sesuai dengan shade dari lip cream-nya. Mungkin agar lebih mudah mengenali yang mana lipstick warna ini dan mana yang warna itu kali ya. Tapi semuanya diberi warna silver untuk tulisan dari brand dan keterangan produk. Intinya desain box yang ini lebih kekinian-lah dibanding yang lama itu.

Kemasaanya memang dengan box, tapi kalau aku lebih sreg jika ditambahkan dengan segel plastik bening pada tubenya. Biar lebih aman dan terjamin gitu. 



Pada bagian sisi depannya terdapat kode dan nama shade-nya dengan font yang cukup besar, sangking besarnya sampai memenuhi dua sisi box. Uniknya, jika ada dua box yang sama dan digandeng dia akan menyatukan tulisan tadi. Seperti bermain puzzle ya? Hehehe.


Sisi sebelahnya, masih tentang kode dan nama shade. Namun dengan ukuran font yang normal dan hanya memenuhi satu bagian box saja. Dibagian ini juga terdapat keterangan isi dari produk ini, yaitu 4gr. 


Disisi terakhir, terdapat tanggal batas kadaluarsa, label halal, ingredients, dan perusahaan yang memproduksi, yaitu PT. Paragon Technology and Innovation atau yang lebih populer dengan PTI. 

Untuk ingredients-nya emang masih mengandung paraben. Untuk beberapa orang memang ada yang benar-benar anti dengan paraben. Kalau aku sih mikirnya gini, emang paraben itu baik dihindari, tapi juga tidak masalah jika dalam kadar yang sudah di tentukan dalam standart penggunaanya. Dan, jika suatu produk apalagi yang berasal dari perusahaan besar dan ternama seperti Wardah ini pasti mereka sudah mengikuti standart tersebut. Kalau tidak, mana mungkin teruji aman oleh BPOM dan tersertifikat Halal oleh MUI.

Tube & Aplikator

Seperti kebanyakan lip cream lokal seangkatannya, lip cream ini memakai botol aklirik dengan tutup berwarna silver. Ini juga ya, nggak ada yang gitu istimewa, tapi tetap apik kok. Size botolnya sendiri menurutku kegedean untuk lipcream dengan isi hanya 4gr. 


Atau mungkin size tube yang panjang dan gede ini agar dapat dipasangkan dengan aplikator yang panjang juga kali ya. Nah, aplikatornya ini panjang. Iya, panjang aja. Nggak panjang kali. LOL. Mungkin tim Wardah memprediksikan panjang aplikator seperti ini lebih memudahakan dalam peng-aplikasi-an. Ya kali aja. Mungkin... aku masih mencoba memahami dan menerima kenapa isi segitu bisa dimasukan dalam botol segede itu? Ini sebenarnya berlaku juga untuk beberapa lip cream lain yang memiliki size botol dan isi yang sama. Contohnya kayak Mineral Botanica SMLC dan Mizzu Valipcious.

Baca Juga: 

MIZZU VALIPCIOUS VELVET MATTE 716 LIBERATE


Btw, buat kamu yang nanya "kenapa ini penting aku bahas?" Karena aku ngebandingi dengan Makeover Intense Matte Lip Cream yang botolnya lebih mini tapi isinya 6,5gr. Atau Emina Creamatte yang botolnya juga mini dan isinya 5,5gr. Lebih banyak kan? Ini tuh selalu bikin pertanyaan "kenapa ya?" muncul di benakku. Ya kali aja ada ngaruhnya sama apa gitu. Sebagai pencinta lipstick dan pedagang lipstick kan wajar rasa ingin tahunya kegedean. Wkwkwk.


Oke kita bahas kenyaman aplikatornya ya. Seperti yang aku bahas diatas, ini aplikatornya panjang. Tapi panjang aja. Nggak panjang kali lah. Tetap nyaman dan mudah untuk mengaplikasikan keseluruh bagian bibir. 


Bagian kepala aplikatornya agak gendut dan memipih kebagian atas. Bulu-bulu halus di aplikatornya juga nyaman. Bukan serabut yang bikin bibir gatel gitu pas kesentuh. Pokoknya aku nggak ada masalah ya dengan aplikator dan brushnya itu. Cucok. 



Masih tentang tube. Dibagian bawahnya dilengkapi dengan stiker penujuk kode warna dan nama shade. Jadi kalau boxnya hilang kita tetap bisa tahu ini lipstick yang warna apa, kode berapa. Gitu lhooo.

Pigmentasi

Kalau masalah pigmentasi, Wardah EMLC ini memang nggak diraguin lagi. Oke minta ampun. Sekali poles dan sekali cocol udah blas, full tertutup tuh bibir dengan lipstick. 

Bahkan jika mulai pudar-pun masih meninggalkan stain di bibir. Nah ini sesuai ya dengan claim produknya. 

Lasting Power

Ketahannya normal seperti lipcream lokal pada umumnya ya. 4-6 jam-an untuk senyum-senyum manis aja. Kalau makan agak pudar, tapi karena stainnya yang menempel manis di bibir bikin tetap cantik dan gak gitu masalah sih kalo nggak di touch up. 

Formula & Tekstur

Untuk formula dan teksturnya, si Wardah EMLC ini agak berbeda-beda ya. Pada generasi pertamanya yaitu shade 01-06 itu lumayan kental, terasa tebal di bibir dan rata-rata cracking ketika di pakai. Lalu digenerasi kedua mereka mulai berinovasi dan belajar dari kekurangan sebelumnya. Untuk shade 07-12 teksturnya udah mulai lebih cair sedikit namun tetap creamy ya. Nggak cracking dan mulai terasa ringan di bibir. Tapi masih kerasa kering. Kalau aku sih nggak gitu parah dan bisa diakali dengan lip butter & lip balm. Kemudian di generasi ketiganya 13-18 Wardah benar-benar memuaskan penggemar setianya. Mereka bongkar abis formula lip cream menjadi lebih nyaman di pakai. Jauuuuuh sangat nyaman. Tekstur tetap creamy, ringan, tidak cracking, dan cukup melembabkan. 

Sayangnya hal ini tuh bikin banyak pihak yang ragu untuk mencoba 6 shade terbarunya karena takut formulanya sama aja kayak yang lama. Tapi kalay aku mandang ini sebagai hal yang positif. Berarti Wardah perduli dengan tanggapan pemakainya dan berinovasi untuk selalu mengembangkan produk mereka agar selalu lebih baik. Semoga semua shadenya segera di benahi formulanya ya. 

Aku memang belum mencoba semua shade, yang aku jelasin ini hasil dari ngerangkum testi pembeliku dan pengalamanku ya udah nyicipi beberapa shadenya. 

Tapi tambahannya bakalan aku jelasin di bahasan shade nanti ya. 

Transfer

Untuk masalah transfer proofnya, pada pemakaian awal, dimana lip cream belum benar-benar kering ya pasti lumayan bleber. Nempel sana sini. Tapi makin lama, semakin kering, nggak gitu nemplok sana sini. Tapi juga nggak total transfer proof. Emmm sekitar 80% lah untuk transfer proof.

Shade



Totalnya sih Wardah EMLC ini ada 18 shade yang warnanya beragam. Nude. Choco. Pink. Magenta. Mauve. Peach. Maroon dan beberapa warna lainnya. Tapi masih main aman semua sih menurutku. Masih dalam zona nude ke bold nanggung. Belum ada bold yang bener-bener bikin sensasi jreng jeng!!!! Wkwk

Intinya bolehlah lah kalau bisa request, please keluarin shade coklat yang bener coklat. Bukan choco nude. Atau plum yang plum sesungguhnya. Bukan seperti plum it up yang aku lebih ngeliatnya ini merah-mauve. Atau sekalian keluarin ungu terong deh.

Maap... aku orangnya doyan menor kali memang.




Shade yang aku punya dan mau dibahas ini ada 5 shade. Nuansanya ada yang maroon, pink pekat, plum ala ala, dan pinky peach. Seperti yang disebut di atas. Iya aku ini bold person. Suka lipstick nude sih suka. Tapi lebih ngiler yg warnanya kencaaaaang gitu.

Kenapa? Karena kulit medium kayak aku gini susah dapat lipstick nude-nya. Yang paling aman justru pake yang bold. Selain itu lipstick bold pigmentasi dan stainya lebih oke dan tahan lama. Jadi nggak gitu ribet touch up.

Yuk kita bahas lebih detail setiap shadenya..

07 Hello Ruby

Wardah EMLC cukup dermawan dalam menciptakan shade merah. Dari 18 shadenya ada 4 yang bernuansa merah. Sebut aja, 01 Reddicted, 06 Feeling Red, 07 Hello Ruby, & 12 Plum It Up.

Hello Ruby ini warnanya merah maroon. Merah pekat yang agak gelap gitu. Menurutku ini warna merah yang aman. Merah tapi nggak gonjreng. Merah yang menyiratkan kemisteriusan. Wkwk.

Pokoknya intinya, lipstick merah yang aku suka. Titik.

Nah ini swatch full face Wardah EMLC 07 Hello Ruby di aku ya.


Untuk tekstur dan formula. Hello Ruby ini creamynya normal ya. Nggak gitu  padat.  Pas-pas aja menurutku. Formulanya nyaman. Aku nggak ngerasain bibir kering yang gimana kali sih. Cukup nyaman. Nggak terlalu bikin aku ngeh kalau ada sesuatu yang mengganjal. Hanya saja...  ini termasuk yang agak lama keringnya. Paling transfer diantara ke-empat shade lainnya.

08 Pinkredible

For your information, si 08 Pinkredible ini adalah shade pink yang paling laris kalo di toko-ku. Apalagi dulu sempat langka. Jadi begitu nongol bikin orang berebutan.

Pinkredible ini warnanua true pink yang manis dan masuk dalam golongan warm tone. Pink terang tapi kalem bahasa simpelnya. Lagi-lagi aku harus bilang ini juga warna yang aman. Pink yang aman untuk semua jenis skin tone.

Selain untuk bibir, Pinkredible ini sering aku jadiin blush on juga. Penggunaanya seperti liquid/cream blush on biasa. Di totol di bagian tulang pipi setelah pengaplikasian foundation lalu diratakan dengan sponge. Terakhir set dengan powder.

Difoto dibawah ini aku pake juga sebagai blush on dan pakainya ala-ala blush on panas dingin gitu. Haha.


Untuk terkstur mirip dengan yang Hello Ruby. Tapi yang ini pada pemakaian sekitar sejaman lumayan nyaman. Lalu setelah itu mulai kerasa kering yang agak ganggu sih. Tapi di aku bisa di akalin dengan penggunaan lip balm sebelum lipstick. Setelah itu aman. Kalau yang ini cukup cepat kering dan meresap ya. Transfernya juga nggak parah sih.

10 Berry Pretty

Berry pretty ini warnanya cantik sih. Baby pink dengan sedikit hint mauve, cool tone liptick gitu. Tapi ini bukan lipstick yang bisa aku pakai sehari-sehari. Warnanya kalau di kulit medium aku bakalan pucat kalau tidak di barengi dengan riasan yang pas. Tapi kadang aku suka sih terlihat pucat dan dingin gitu. Wkwkwk. Berry pretty ini biasa juga suka aku jadiin base ombre lips. 


Untuk generasi kedua dari shadenya Wardah EMLC, si Berry Pretty ini paling enak lho. Formulanya mirip dengan no 14 yang nanti bakalan aku bahas dibawah.

12 Plum It Up

Plum It Up ini juga masuk dalam golongan yang langka. Nggak tahu kenapa Wardah suka aja gitu kadang ngilangin beberapa shadenya dari peredaran. Entah karena strategi pasar atau entah karena ada alasan lain. Nggak tahu juga sih

Dan.. aku nyoba shade ini juga sebenarnya karena penasaran. Tapi emang ini warnanya cantik lho. Kayak ala-ala lipennya mbak Kylie. Bisa di sebut warna-warna fall make up juga ya. Dan ini nih alternatif untuk yang suka lipstick merah tapi pengen ganti suasana. Golongan lipstick kondangan.

Untuk deskripsi warnanya menurutku agak nggak nyambung sama judul ya. Judulnya kan seolah-olah ini lipstick plum. Kalau aku sih bayangin plum itu ungu pekat yang kemerah-merahan. Ungu tua hint merah. Nah kalau si Plum It Up ini Merah tua kemauve-mauvean. Oke sih mauve itu turunan ungu juga. Tapi kan uda masuk pencampuran dengan warna lain lagi kan. Intinya sih aku nggak paham dengan "plum" yang di maksud. Tapi aku pahamnya ini warnanya cantik. Uda gitu aja. Haha.


Formulanya samalah dengan no 07 & 08. Lasting power dan transfer proofnya sama dengan si 08 Pinkredible.  Bedanya ini di aku keringnya sampe bikin bibir kayak ketarik-tarik. Diakali dengan lip balm dan lip butter ngaruh sih. Tapi nggak hilang total keringnya.

14 My Honey Bee

Ini yang paling bontot keluar. Kalau ini di adopsi karena kesemsem sama nama shadenya. Gemas minta ampun. My Honey Bee. Uuughh, manjahhhh.

Shade yang ini jelas kategori nude yah dan MLBB(My Lip But Better)-nya aku. Percampuran peach dan pink. Dia aku peachnya lebih keliatan. Akoh syukah lipstick nude beginih. Kalem, keliatan polos (huek), tapi nggak bikin lemes pucat kayak lagi turun tensi. Walaupun kuncinya kalau pake yang shade ini aku harus set blush on se-gemes mungkin. Biar klop dan keliatan lebih maksimal gituh.



Untuk tekstur dan formula. Ini adalah yang paling perfecto diantaranya. Seperti yang aku bilang di atas-atas tadi. Ini yang paling enak dan nyaman. Banyak pembenahan disini. Tekstur sedikit lebih cair menurutku ya. Formula paling lembab, ringan, pigmentasi tetap oke, lasting power juara, dan transferproof-nya mantap. 

Price?

Harga sangat terjangkau ya, hanya Rp. 59.000. Harga yang cukup pantas ya untuk kualitas seperti yang aku jabarkan diatas.

Where To Buy


Untuk produk Wardah dapatinnya cukup mudah ya, karena mereka memiliki banyak counter resmi di mall-mall dan supermarket. Tapi kalau kamu mau belanja via online bisa cek ke Online Shop aku. TRUSTED sis.. IG: @lelipstickan mampir mari mampir sissss.

Repurchase? 

Yup! Tapi dengan shade yang berbeda. Seperti, 02 Fuschionately, 11 Oh So Nude (walaupun aku tahu ini bakalan pucat dibibirku tapi penasaran aja), 16 Heart Beet & 18 Saturdate Night. Bukan karena nggak suka atau gimana sih sama shade yang ini, tapi biar adil aja. Biar bisa nyicip semua lipen dari berbagai brand. 

Intinya...

+Pigmentasi juara
+Lasting power oke
+Aplikator nyaman
+Pilihan shade banyak
+Pilihan shade beragam dan cantik semua
+Harga terjangkau
+Perusahaan terus berinovasi menciptakan formula terbaik

-Formula berbeda-beda
-Size tube tida sesuai dengan isi
-Kemasan tidak disegel plastik bening
-Masih mengandung paraben (khusus untuk yang anti ya, kalau aku selama teruji BPOM fine aja)

Baiklah, sepertinya aku sudah mengungkapkan semua isi hatiku tentang si Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini. Dan semoga berfaedah ya. Hahaha.

XOXO

Madamabi___

7 comments:

  1. wah yang ruby warnanya gonjreng banget ya, tapi cakep hihihi

    https://mysistermonsterdisaster.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Gonjreng kece. hehe. Thanks dear sudah mampir. Nanti gantian aku yang mampir ya...

    ReplyDelete
  3. Yang no 7 sama 12 warna aku banget hehehe...tapi sayang belakangan bibirku kurang bersahabat sama lipcream.

    coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.. 07 dan 12 itu memang shade favorit. 😍

      Delete
  4. Wahh warnanya lucu-lucu... jadi pengen coba #kbbvmember

    ReplyDelete
  5. Aku lebih suka merahnya si plum it up dibandingkan hello ruby hehe #kbbvmember

    ReplyDelete
  6. lagi iseng blog-walking, eh nemu favorit 14 hehe My Honey Bee menurutku mirip banget sama 03 See You Latte, tapi 14 lebih ke pink, dan 03 lebih ke peach. Review yang nomer 16 dong say hehe

    ReplyDelete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Roti Besak | Dah Enak - Besar Kali - Murah Pulak

Holla... Sebagai pengidap asam lambung dan maag yang cukup akut, wajib bagiku untuk sarapan sebelum beraktifitas. Menunya bisa apa ...