Monday, February 12, 2018

Khadijah, Toko Oleh-Oleh Medan Serba Ada


Holla...
Kalau dengar kata oleh-oleh Medan, pasti kita sangat familiar dengan beberapa nama toko maupun jenis makanan yang memang hits sampe keseluruh penjuru Indonesia. Yap, Medan memang penuh dengan toko oleh-oleh khas-nya. 

Kali ini aku aku mau bahas satu toko oleh-oleh khas Medan yang menurut aku punya konsep cukup unik.Khadijah. Sudah pada tahu-kah?  Lalu, unik bagaimana ya? Markibas...

Khadijah adalah sebuah toko oleh-oleh yang terletak di jalan Majapahit No. 30 Medan. Fyi, kawasan ini memang terkenal sebagai daerah penyedia oleh-oleh, khususnya Bika Ambon. Sedikit flashback ya, dari aku kecil dulu, yaitu sekitar pertengahan tahun 90-an, jalan majapahit ini adalah pusatnya bika ambon. 

Semakin berkembangannya pariwisata di Kota Medan, membuat permintaan oleh-oleh semakin meningkat dan jenisnya juga beragam. Dengan begitu, kawasan ini tidak hanya dikenal sebagai "tempatnya bika ambon", melainkan "tempatnya oleh-oleh medan" karena tidak hanya bika ambon yang diperdagangkan disini. 


Aku sendiri tahu Khadijah ini ketika menemani saudara yang berkunjung dari luar kota hendak membeli buah tangan untuk kerabatnya. Kasihan amat yak, aku yang orang Medan asli justru tahunya dari tamu. Wkwkwk. Jadi saudaraku ini tahu Khadijah karena pernah diberi bolu gulung Khadijah oleh temannya. 

Menurutnya, bolu gulung Khadijah ini enak, lembut dan nggak kalah sama bolu gulung yang hits di Medan itu lho. Hehe. 


Begitu memasuki gerai yang didominasi oleh nuansa warna kuning ini, mataku langsung menangkap berbagai jenis panganan yang cocok sekali untuk dijadikan buah tangan. Tidak hanya bolu gulung dan bika ambon, tetapi banyak makanan lain yang memang kalau pas jika disebut "khas Medan". 

Apa sajakah itu? Lapis Legit, cemilan "Asli", pancake durian, sirup markisa, dodol, wajik, dan banyak lagi cemilan lainnya. Lengkap bukan? 







Selain cukup lengkap, suasana tokonya juga sangat nyaman. Bersih dan tatanan produknya rapi. Jadi memudahkan kita ketika memilih. Paling juga puyeng milih karena semuanya menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Hehe. 


Untuk harga, termasuk dalam kategori terjangkau. Standartnya seperti oleh-oleh khas Medan lainnya. Contoh nih, untuk bolu gulungnya dibandrol dengan harga sekitar 60.000-75.000 IDR. 

Oia, untuk kamu yang tidak keburu waktu membeli oleh-oleh secara langsung bisa order via go food juga kok. Walaupun waktu cek di go food namanya bukan Khadijah oleh-oleh khas Medan melainkan oleh-oleh khas Pekan Baru. Mungkin Khadijah ini asalnya dari kota Pekan Baru kali ya. Ada yang tahu? 

Btw, ini pertama kali aku menulis selain beauty, parenting dan personal life. Maapkeun jika agak kacau. Wkwkwk. Tapi semoga membantu yang sedang ingin mencari oleh-oleh khas Kota Medan ya. 

XOXO

Madamabi___

2 comments:

  1. asik deh, kmrn sempet trip kesini tpi gak sempet mampir.... sayang banget ya padahal lumayan komplit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga next trip kesini lagi dan sempetin nyinggah ya mbak. Hehe

      Delete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Roti Besak | Dah Enak - Besar Kali - Murah Pulak

Holla... Sebagai pengidap asam lambung dan maag yang cukup akut, wajib bagiku untuk sarapan sebelum beraktifitas. Menunya bisa apa ...