Sunday, March 4, 2018

Top Picks: My Favorite Bold Lipsticks (Local Brand)


Holla...
Untuk postingan pertama di bulan maret ini, aku mau posting tentang beauty. Yup. Rekomendasi 5 lipstick bold dari brand lokal favoritku. Sebenarnya banyak sih. Tapi ini aku pilih yang paling sering dan paling aku suka berdasarkan warna, tekstur serta formulanya.

Sedikit cerita, sebagai orang yang berkulit medium. Aku lebih nyaman menggunakan lipstick dengan warna pekat dan gelap yang sering kita sebut bold lipstick. Walaupun aku punya beberapa dan selalu tergoda dengan pesona nude lipstick. Tapi bold lipstick selalu dihati, dan rasanya nggak akan pernah salah aja kalau pakai bold lipstick. Udah gitu pigmentasi dan lasting power dari bold lipstick sangat jagoan dibandingkan nude lipstick. 

Selain itu bold lipstick ini mampu membuat warna kulit aku lebih menonjol. Entah hanya pandangan mata aku aja, atau memang begitu ya, kalau kulit medium begini kenak bold lipstick jadi warna kulitnya itu jadi lebih idup, dan seperti memancarkan sinar hangat. Eseeeh.. Wkwk. Tapi begitu deh ya yang aku rasain kalau lihat diri dicermin abis dandan pake lipstick bold favoritku. Lipstick apa sajakah itu? 


Seperti judulnya, semuanya adalah lipstick dari brand lokal. Ada Wardah, Mizzu, Mineral Botanica, dan tentu saja Purbasari. Kalau kita bicara tentang local brand lipstick. Nama-nama yang aku sebutkan diatas tadi sudah pasti tidak asing bagi kalian. Nama-nama dari produk anak bangsa yang memang lagi "megang" saat ini. 


Untuk karakter warna aku memang lebih suka yang beragam. Tidak terlalu monoton dengan tone yang itu-itu aja. Walaupun beberapa ada yang terlihat mirip, tapi jika dideskripsikan dengan detail, warnanya itu beda lho. 


Dari foto diatas kalian bisa lihat sekilas warna dari lipstick bold kesukaanku adalah maroon, dark pulm, perpaduan fuschia dengan violet, dan choco. 

Ummm. Penasaran ya itu shade yang mana aja? Tebak lah.. Wkwk. Ngeselin ya ini makmamak lama-lama. LOL. 

Baeklah, ini aku kasih tahu dari brand dan shade apa sajakah lipstick bold kesukaanku. 


Sebelum aku jabarin satu-satu setiap shadenya. Intip dulu swatchnya ditangan ya. 


Nah, kira-kira kalau dilihat swatch ditangan, kalian kesemsem sama yang mana? Kalau di pakai dibibir apakah warnanya masih sama? 

Yukk, langsung kita bahas satu persatu ya. 

Purbasari Lipstick Color Matte 91 Opal


Seperti yang kalian tahu, ini adalah salah satu produk yang dikeluarkan oleh PT. Gloria Origita Cosmetics (GOC) yang mampu mengantarkan dan menyebar luaskan brand image mereka kepada publik. Tidak hanya sebagai perusahaan lulur, melainkan juga sebagai perusahaan kosmetik lokal yang memiliki kualitas serta harga yang terjangkau. 

Aku sendiri, dulu sangaaat penasaran dengan produk ini. Ditambah dengan pilihan warna yang mereka rilis memang sangat cocok untuk kulit perempuan Indonesia. 

Shade yang mau aku bahas ini adalah batch kedua dari kelompok warna yang dikeluarkan oleh purbasari. Batch pertama mereka mengeluarkan sepuluh warna. Lalu batch kedua mereka kembali merilis lima shade yang tidak kalah cantiknya. Salah satu ya shade yang aku favoritin ini. No 91 atau dengan nama shade Opal. 


Shade 91 ini warnanya adalah dark plum atau deep purple dengan hint merah. Tapi ini susah sekali lho kalau difoto untuk ngedapatin warna asli yang sebenarnya. Nggak hanya aku, tapi temenku Madam Wilma (kamu bisa baca blog dia disini ya) juga pernah mencoba memfoto dirinya ketika menggunakan lipstick ini, namun juga tidak dapat warna yang pas. 

Jika di foto tadi, lebih kelihatan hint merahnya, sebenarnya jika dipakai dibibirku lebih dapat dark purplenya. Ini warnanya unik sekali lho. Sejauh ini, aku belum pernah nemuin lipstick lokal dengan warna yang persis seperti ini. Ini juga adalah warna lipstick yang memang sudah lama aku cari-cari. 

Warna ini masuk dalam kategori vampy lips ya, tapi kalau aku bilang ini sama sekali nggak bikin kita kelihatan seram, jutek atapun judes. Kalau difoto tadi kalian ngeliat mukaku seram, jutek dan judes. Ya maap... Itu udah terdefault dari lahir. Hahayy. 

Untuk teksturnya hampir sama denga matte lipstick klasik lainnya. Agak seret dipakai dan matte finishnya itu agak "kaku". Sayangnya untuk warna ini (karena aku nyoba warna yang lain tidak begitu) dia agak patchy. Tapi tetap bisa diakali dengan poles ulang aja sis. Beruntungnya, lipstick dark, kalau patchy dia nggak begitu kacau warnanya di bibir. Beda kalau nude lipstick dan dia patchy langsung deh agak bikin betmud.  

Lasting powernya juga medium ya. Standartnya matte lipstick lokal biasanya.  Kalau dipakai senyum-senyum cantik aja bisa awet. Minum lumayan awet dengan efek agak pudar dikit. Kalau makan dia bisa pudar dibagian dalam bibir. Aku sama sekali tidak pernah masalah ya untuk touch up lipstick abis makan. Ya namanya juga lipstick bok. Kalau mau tahan sampai tahunan, mah bukan lipstick sis. Cat tembok itu mah. 

Tapi, lipstick ini walaupun cukup kerasa agak tebal kalau dipakai. Dia tetap melembabkan. Aku pakai ini, bibirku nggak kaku yang ketarik gitu. Ya untuk harga tiga puluh ribuan ini sih recommended. Apalagi desain tubenya yang simpel namun tetap elegant nggak kelihatan mureh kalau touch up depan umum. 

Mizzu Valipcious Velvet Matte "Liberate"


Mizzu valipcious velvet matte dengan shade liberate ini sudah pernah aku review khusus ya. 

Kamu bisa baca review lengkapnya disini: 

Diantara lipstick lokal yang akan aku bahas di postingan ini, menurutku ini adalah yang packagingnya paling gemesss. Dengan motif garis diagonal bernuansa monokrom. Simpel, tapi gimanaaa gitu. Seperti ada unsur retronya. Desain kayak gini tuh bikin orang yang ngeliat jadi gampang "ngeh". Dulu aja aku waktu pertama liat brand ini disalah satu akun beauty influencer, langsung yang mikir gini. 

"Eh ini apaan sih? Brand mana sih? Ih bagus ih.. Lucu gemesin ih" ya gitu lah kira-kira. 

Selain berhasil menarik perhatian publik dengan packagingnya, Mizzu juga mampu menarik minat pembelinya dengan pilihan warna dan kualitas yang super good. 

Harga yang ditawarkan juga masuk dalam kategori terjangkau. Untuk lipcreamnya dibandrol dengan harga 79.000 IDR. 


Racikan warnanya juga menarik dan nggak pasaran lho. Seperti si liberate ini. Di awal kemunculannya, jika mayoritas brand lokal lain memilih warna nude sebagai pilihan amannya. Mizzu ini sangat berani meracik warna yang tidak biasa. Perpaduan antara choco dan mauve. Memang warna seperti ini lagi ramai untuk tren lipstick dunia. Tapi untuk brand local, aku salut kepada mizzu yang bisa mengadaptasikan warna choco dengan mauve untuk skin tone kulit orang indonesia.

Liberate ini warnanya ketika aku pakai seperti hanya meratakan warna bibirku yang memang gelap. Kayak semacam "nude lipstick" yang khusus diciptain untukku sih jatuh. Wkwkwk. Tapi ini memang masuk dalam kategori bold lipstick ya. Bukan salah warnanya kenapa menyerupai warna bibirku. Tapi salah warna bibirnya. LOL. 

Walaupun banyak yang bilang warna begini tuh masuk dalam kelas "lipstick bold nanggung" tapi ini bisa menjadi alternatif untuk yang pengen mencoba lipstick bold tapi masih belum mantap lahir batinnya. Haha. Warnanya memang tidak begitu gelap, namun lipstick ini warnanya pekat. Jadi cukup mampu memberi kesan tegas namun tidak kelam kayak masa lalu. #eh

Untuk tekstur, lasting power, pigmentasi serta kenyamanannya dibibir, Mizzu ini masih jadi juara deh untuk lipstick lokal dengan harga dibawah seratus ribuan. 

Wardah Exclusive Matte Lip Cream 12 Plum It Up


Sama nih kayak si Mizzu diatas, lipcream Wardah no 12 ini juga sudah pernah aku review. 

Kamu bisa lihat review lengkapnya di sini:

Walaupun nama shadenya Plum It Up, yang udah pasti bisa ditebak kalau pihak Wardah ingin menghadirkan nuansa plum pada seri lip creamnya ini. Namun, sudah ada 6 bulan lebih aku pakai warna ini dan masih belum nemui titik plumnya itu dimana. Mata aku hanya menangkap warna merah tua dengan hint mauve. 


Terlepas dari nama shadenya yang agak bingungin (tapi nama shadenya lucu, btw), Wardah Exclusive Matte Lip Cream 12 Plum It Up adalah bold lipstick yang cantik lho. Perpaduan warnanya unik, ala ala lipennya kak Kylie. 

Ini juga pas untuk berbagai situasi, bisa dibawa pergi kondangan sampai cuma lanjalan ke mol. Efek mauve pada warna merah pekatnya ini bikin lipstick ini tetap bold namun tidak mentereng yang bikin silau gitu. 

Untuk pigmentasi, wardah lipcream ini ngga diraguin lagi deh. Mantap surantap. Walaupun memang masih terasa kering ketika dipakai tapi masih bisa diakali dengan lip butter ataupun lip balm. Hasil finish dari mattenya adalah velvet matte yang halus dan membuat warna dari Plum It Up ini jatuhnya semakin bagus di bibir. 

Wardah Longlasting Lipstick 11 Cherrie Glam


Beda dengan "adiknya" diatas, lipstick matte yang lebih lawas lagi dari Wardah ini pemberian namanya sangat pas. Cherrie Glam. Warna merahnya sepekat warna merahnya buah cherrie. Dan maroonnya memberikan kesan yang glamour. Jadi pas kan ya? Cherrie glam. Pas-pas-in aja ya biar aku senang. Wkwkw.


Cherrie Glam ini warnanya apik sekali lho. Bikin wajah jadi setrong gitu rasanya. Feel "berani dan semangat" dari warna merah gelapnya terasa begitu dipakai.

Tapi sayangnya, karena ini adalah lipstick keluaran wardah yang senior, jadi formula dan teksturnya agak ketinggalan untuk sekelas matte lipstick begini. Ketika dipakai sensasinya mirip dengan Purbasari Lipstick Color Matte yang pertama aku bahas diatas, yaitu agak seret dan jadi sulit untuk disesuaikan dengan bentuk bibir kita. Harus agak hati-hati dan membutuhkan sedikit ketelatenan agar warnanya memenuhi bibir dengan sempurna. 

Untuk urusan pigmentasi sepertinya Wardah memang memiliki "resep rahasia". Lipstick matte yang bentuknya klasik ini super pigmented lho. Lasting powernya good. Transferproofnya medium lah. 

Tapi dulu, disaat matte lipstick lokal belum sejago sekarang ini racikannya, aku rasa ini adalah yang paling mantap. Apalagi harganya hanya 46.000 IDR. 

Oia, lipstick ini sering bikin orang salah sangka lho. Berhubung kemudian Wardah mengeluarkan matte lipstick yang berbeda yaitu Wardah Intense Matte Lipstick, namun memiliki desain tube yang sama dengan yang seri longlasting ini, orang suka ngirain kalau mereka lipstick yang sama. Secara formula sih memang yang intense matte lipstick jauh lebih baik. Tapi ya aku udah kadung in lop sama warna yang ini. Hehe.

Produk ini juga sudah pernah aku review sebelumnya lho.

Baca review lengkapnya disini yuk:

Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream 006 Plum Fairy


Siapa yang setuju kalau aku bilang ini adalah pelopor matte lip cream dari brand lokal? Umm, karena kalau aku tidak salah ingat. Mineral Botanica (Mica) yang pertama kali mengeluarkan produk matte lip cream di awal masa kepopulerannya, yang lebih dahulu digawangi oleh brand luar. Apalagi saat itu Mica ini masih baru muncul lho. Jadi cukup salut deh dengan brand lokal yang inovasinya bisa dibilang paling terdepan. 

Meskipun penamaan produk mereka, soft matte lip cream, masih mengikuti brand luar yang saat itu adalah ratunya matte lip cream, N*X. Tapi Mica ini tetap memiliki cirikhas sendiri. Nggak plek-plek-an ngikutin produk yang sudah lebih dahulu lahir. Desain produk Tetap mengikuti khasnya dari Mineral Botanica yang didominasi oleh warna hitam.


Mica juga mengeluarkan shade mereka secara bertahap. Sebelas warna dibatch pertama dan kemudian sebilan warna susulan. Jadi totalnya ada duapuluh warna. Dan warna yang mereka keluarkan sangat beragam lho. Mulai dari nuansa bold maupun nude. Warna merah, coklat, peach, pink sampai mauve ada.

Yang aku punya ini 006 Plum Fairy. Lipstick bold termanis diantara teman-temannya yang lain. Warnanya terang tapi sangat bold. Bukan terang yang lemes gitu. Perpaduan antara violet dengan sedikit hint fuschianya bikin kita tetap terlihat manis namun tidak lemah. Wkwkwk. 

Hasil finishnya bagus banget lho. Smooth sekali. Dan ketika kering tidak menimbulkan garis bibir yang mengganggu. Tapi ini keringnya cukup lama. Untuk urusan transfer juga masih ada. Apalagi kalau belum kering tadi, tolong deh jarak antara gigi dan bibir dikondisikan kalau nggak mau gigi kamu celemotan kenak lipstick. Wkwkw. 

Pigmentasinya super good. Sekali cocol bisa memoles seluruh permukaan bibir dengan benar-benar sempurna. Perfektolah kalau urusan pigmentasi dan hasil finish yang mantap. 

------------------------------------------------

Jadi, semua warna yang aku rekomendasikan ke kalian ini adalah warna yang cocok untuk semua skin tone. Jika kalian ingin mencoba lipstick bold dari brand lokal yang aku favoritin ini, tinggal pilih brand, tekstur, formula dan karakter warna seperti apa yang cocok dengan kalian. 

Btw, ini pertama kali aku ngeswatch lipstick sampai lima sekaligus gini. Mayan ya bok. Agak jendor nih bibir. Wkwk. 

Oia, untuk rekomendasi lipstick nude juga udah pernah posting ya. 

Silahkan cek postingan yang ini ya: 

Sampai ketemu dipostingan selanjutnya.

XOXO

Madamabi___

6 comments:

  1. Warna merah bold favorit saya mbak, merk lokal skrng memang banyak yg bagus ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Produk lokal sekarang semakin jagoan. Bangga kan ya kita.

      Delete
  2. Cobain pixy bold maroon itu lipcream warna bold yg kece uga ! Hihii..

    Btw aku suka kamu oakai yg purbasari. Cucok

    Www.reginapit.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh iya. Pixy wajib coba tuh bener. Thanks ya dear 😆

      Delete
  3. Suka banget sama warna boldnya Purbasari sama yang Wardah. Makin bangga sama brand lokal sekarang ini.

    coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Bangga banget kan sama brand lokal skrg. Yahud-yahud..

      Delete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Roti Besak | Dah Enak - Besar Kali - Murah Pulak

Holla... Sebagai pengidap asam lambung dan maag yang cukup akut, wajib bagiku untuk sarapan sebelum beraktifitas. Menunya bisa apa ...