Monday, July 23, 2018

Review: Pure Papaya Ointment By Phytocare


Holla...

Sebagai seorang ibu aku seperti punya kebahagiaan tersendiri kalau menemukan produk yang multifungsi. Jadi bisa dipakai olehku, juga anakku. Mungkin lebih tepatnya satu produk bisa untuk rame-rame, sekeluarga. Mayan, ngemat moms. Wkwk.

Berhubung si kecil masih dalam usia balita, jadi tidak semua produk yang aku pakai aman untuk dia. Tapi syukurnya, beberapa waktu lalu aku dikirimin salep natural serba guna, yaitu Pure Papaya Ointment dari Phytocare dan Medan Beauty Blogger. Buk-ibuk pasti paham yee betapa butuhnya kita dengan salep paw-paw seperti ini.

Penasaran apa saja manfaatnya dan bagaimana performanya? Atau bahkan ada yang masih asing dengan brand dan produk ini? Yuk, silahkan disimak pengalaman aku menggunakannya ya. 

Tentang Brand

Phytocare adalah brand  asal Australia, yang kini hadir dan memasarkan produk mereka di Indonesia. 

Asal mula lahirnya brand ini, karena keprihatinan yang dirasakan oleh Daniel Baden, seorang Naturopath yang miris dengan proses pembuatan produk perawatan pribadi yang kerap mengandung bahan kimia yang keras.

Hal tersebut membuat dia berkomitment untuk menciptakan produk perawatan natural, yang bahan-bahan pembuatannya berasal dari alam.

Fyi, selain Papaya Ointment, mereka juga memiliki produk lain yang berbahan dasar buah pepaya. Yaitu, Papaya Vapour Balm dan Papaya Renew.

For more info, kalian bisa cek website dan akun sosial media mereka di bawah ini ya.

Website: purepapaya.id
Instagram: @purepapaya.id
Facebook: Purepapaya.id

Tentang Produk


An ultra-rich nourishing formulation with 100% natural ingredients. Contains Organic fermented Australian Papaya (paw paw) extract full of vitamins and nutrients.

Pure Papaya ini adalah produk pelembab yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit dan tubuh. Kandungan dari buah pepaya Australia yang difermentasikan didalamnya, di klaim kaya akan nutrisi dan vitamin. 

Produk yang diproduksi di Australia ini, tidak melakukan uji coba kepada hewan atau sering kita sebut cruelty free. Di negara asalnya, produk ini mendapat sertifikat dari Natrue dan BioGro karena diakui sebagai kosmetik dengan bahan alami dan tidak merusak lingkungan. Itu sebabnya mereka mempertegas klaim "Palm Oil Free" karena takut menyebabkan kerusakan hutan. 

Benar-benar skin and nature friendly ya. Jadi aman dipakai oleh orang dewasa dan anak-anak. Dan cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan kulit sensitif sekalipun.

Di Indonesia produk-produk dari brand ini di import oleh PT. Kalpataru Natural dan sudah mengantongi izin BPOM.


Selain size seperti punyaku ini, mereka juga memiliki varian ukuran lain. Yaitu 100 gr dan 200 gr yang dikemas dalam jar. 

Isi: 25 gr
Price: 120.000 IDR
Where To Buy: Watson, namun jika kota kamu belum tersedia. Bisa hubungi KESINI ya dear.

Kandungan Produk

Seperti yang tertera dalam kemasaan, kandungan utamanya adalah buah pepaya (paw paw) dan bunga calendula. 


Calendula ini kenal juga dengan nama Pot Marigold. Bunga ini memiliki manfaat yang sudah terkenal sejak zaman Mesir kuno. Beberapa diantaranya adalah: 

Manfaat Bunga Calendula (Pot Marigold) Untuk Kulit

Mengatasi infeksi kulit
Anti inflamasi
Membantu produksi kolagen yang bertujuan sebagai anti aging
Sebagai antiseptik
Dapat menenangkan kulit

Sedangkan pepaya, juga memiliki manfaat yang tidak kalah banyaknya untuk kulit lho. Apa sajakah itu? Cek gambar berikut ini yuk. 


Manfaat Pepaya Untuk Kulit

Mencerahkan warna kulit
Mencegah tanda penuaan
Melembabkan kulit
Mengurangi jerawat
Menyamarkan noda
Menyamarkan keriput
Merawat kulit pecah-pecah
Menghilangkan bekas luka

Selain kombinasi dua bahan tersebut, produk ini memiliki keunggulan dibandingkan produk sejenis, petrochemicals free & preservatives free.


Ingredients:

Butyrospermum parkii (Shea butter), Macadamia integrifolia, Simmondsia chinesis (Jojoba) oil, Tribehenin (derived from Brassica napus), Carica papaya (Papaya) ferment, Sorbitan olivate (Olive derived emulsifier), beeswax, Fragrance (naturally derived), d alpha tocopherol (Vitamin E), Styrax benzoin resinoid, Calendula officinalis flower extract.

Fungsi Produk


Produk ini memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari menjaga kelembaban kulit yang rentan sekali dengan kekeringan, seperti punggung tangan, telapak tangan, telapak kaki, tumit, siku, lutut dan bibir. Juga bisa dipakai untuk melunakkan kulit disekitar kuku, seperti yang sering aku lakukan. 

Selain itu produk ini juga dapat digunakan oleh ibu hamil, yang berguna untuk menjaga elastisitas perut yang semakin membesar. Bisa  juga digunakan untuk melembabkan dan melembutkan nipple bagi ibu yang sedang menyusui. Bagi baby sendiri, ini bisa digunakan untuk menenangkan kulit dan mengurangi iritasi dari ruam popok lho. 

Packaging

Kemasannya berupa tube berwarna hitam yang cukup simple. Pada bagian depan terdapat nama brand, nama produk, main ingredients dan klaim produk.


Pada sisi belakangnya tercantum deskripsi produk, penggunaan, komposisi keseluruhan produk, biodata perusahaan yang memproduksi sampai keunggulan dari produknya.

Seperti yang aku bilang sebelumnya kemasannya sangat simpel. Jadi produk ini ketika pertama aku dapatkan, hanya di segel plastik di bagian tutup nya tanpa box.


Entah kenapa karena ini termasuk dalam kategori family produk, aku lebih "sreg" jika dikemas lagi dalam box disertai dengan selebaran yang memuat informasi produk secara lebih detail. Ya seperti kemasaan salep obat-obatan pada umumnya itu lho.

Tapi ada yang menarik sih dari kemasaannya ini. Selain dilindungi dengan plastik segel tadi dan tutup bulat yang tipe putar-lepas itu. Lubang tempat keluar isinya, dilindungi lagi dengan lapisan foil yang menempel cukup rapat. 


Ini cukup baik untuk menjaga kualitas dari isi produk yang diklaim 100% natural dan tanpa pengawet. 

Tekstur, Formula dan Fragrance


Seperti yang terihat pada gambar, teksturnya cukup padat seperti umumnya salep dan sedikit berminyak. Fyi, minyaknya bisa sebanyak itu sebenarnya karena pertama dibuka ya. Setelah itu tidak terlalu banjir seperti kelihatannya. Tapi menurut pengamatanku, memang harus di shake sebelum digunakan deh. Agar lapisan salep dan oilnya lebih menyatu.

Ketika diaplikasikan ke kulit, awalnya terlihat sangat berminyak namun tidak terasa lengket. Sensasi mengkilat ini kemudian akan menghilang dalam waktu kurang dari lima menit kok. Dia mampu meresap sempurna kedalam lapisan kulit secara perlahan. 


Foto di kiri adalah penampakan ketika punggung tanganku baru dioleskan produk ini. Yang disebelah kanan, ketika sudah meresap. 

Untuk aromanya, seperti percampuran antara pepaya, bunga (mungkin dari calendula-nya) dan vanila. Wanginya cukup terasa kuat namun tidak mencolok. 

Jadi aku mau sedikit bercerita yang berkaitan dengan aromanya ya. Begitu plastik segelnya dibuka, namun tutup dan foilnya belum. Produk ini sudah mengeluarkan aroma yang cukup semerbak. Nah, seperti itu deh gambaran untuk aromanya.

Performa

Untuk hasil dari penggunaan produknya, langsung aja lihat foto before after berikut ini yuk.


Foto bagian atas adalah sebelum menggunakan pure papaya. Terlihatkan, kondisi kulit disekitar jari tanganku yang kering dan terdapat kulit-kulit mati yang terkelupas. Ya maklum bok, tangan mak-mamak. Dipake nyuci dan ngepel tiap hari bok. 

Dibagian bawahnya, adalah foto setelah menggunakannya. Perhatikan deh, kulit mati disekitar jari telunjukku menghilang. Aku pribadi merasa kulitku lebih lembab, sedikit lebih lembut dan kulit tebal disekitar kuku lebih melunak. 

Untuk Bang Abi juga aku pakai-kan lho. Kan aman untuk anak. Jadi ya aku nggak khawatir dong. Kebetulan, belakangan ini kulit Bang Abi cukup bersahabat. Tidak mengalami diapers rash, bintik-bintik akibat alergi abu juga tidak muncul. Cuma, aku sedikit tergangu dengan jari-jari kaki Bang Abi yang kering parah. Maklum, anaknya udah paham berpetualang. Main sana-sini, kadang nggak pake sendal dan dalam kondisi panas terik. Ya ancur deh tuh kulit kakinya. Bahkan sampai ke daerah kuku juga.

Jadi ketika aku oleskan pure papaya ini. Kulit kaki-nya terlihat lebih lembab dan sehat. Perubahan yang paling terasa ya dibagian jari-jari kaki itu.


Nah, dibagian bawah kelihatan kan jari kakinya lebih "enakan" untuk dipandang. Wkwk.

Sayangnya produk ini seperti kurang tahan lama ketika digunakan. Apalagi dalam kondisi aktif dan di luar ruangan ya. Efeknya kayak hanya bertahan sementara kalau kita pakai, terus kita beraktifitas diluar ruangan. Jadi harus sering dioles lagi sekitar 4 jam kemudian.

Conclusion

Walaupun bukan ahlinya, tapi kalau aku perhatikan memang bahan-bahan yang digunakan dalam produk ini adalah bahan yang benar-benar alami. Pemilihan ingredientsnya memang disesuaikan untuk kulit kita. Menurutku produk pelembab kulit atau perawatan tubuh seperti ini memang harus selalu ada dirumah kita. 

Kelihatannya sepele, tapi kita memang membutuhkan pelembab kulit yang lebih dari sekedar lotion biasa. Kulit-kulit di daerah tertentu memiliki kadar kekeringan yang cukup parah dan memerlukan pertolongan yang lebih dari bagian kulit yang lainnya. 

Jadi kalau aku sih, ini adalah salah satu holy grail aku beb.

Pros

+ 100% natural ingredients
+ Multifungsi
+ No petrochemicals
+ No preservatives
+ Bisa untuk seluruh anggota keluarga
+ Mudah meresap
+ Tidak lengket
+ Aromanya enak
+ Cruelty free

Cons

- Efek lembab kurang bertahan lama

Repurchase?

Sejauh ini, yes! Aku rencananya mau stock yang size 200 gr itu sih. 

Rate
(4/5)
****

Thank you Pure Papaya dan Medan Beauty Blogger, seneng deh bisa nyobain produk ini. Jujur, aku sih baru tahu ya ada salep paw paw dari brand ini.

XOXO

Madamabi___

24 comments:

  1. Kak emang ampuh kali ya kak ini buat anak anak. Aku senang x dikirimin ini sama mbb. Aku juga big yes ini buat belik lagi. Investasi banget. Sejauh ini manjur buat semua permasalahan kulit dasar.

    ReplyDelete
  2. waaah bisa mencerahkan juga ya tenyata, ku jadi penasaran pengen cobain deh ini <3

    #KBBVmember
    Demia from Kembanggularoom

    ReplyDelete
  3. ampun deh kalau sudah madam Abi yang review produk, detail kali. bener-bener referensi yang cucok, oiya kak aku juga pakai kok dan paling suka aplikasiin ke bibir, bisa jd merah alami tapi minyakan sih jadinya.

    ReplyDelete
  4. Klo kk sar,, masalah kulit aq cm lecet di bagian itu lah,, lgsg beress sama si pure Papaya ini

    ReplyDelete
  5. wah aku baru tau produk ini.. sepertinya cocok buat kulitku yang kering hehe.. #kbbvmember

    ReplyDelete
  6. 1 produk bisa untuk rame-rame dan segala fungsi yakak

    ReplyDelete
  7. Karena belum punya anak jadinya aku pake sendiri, tapi emang bagus ya untuk kulit kering dan kasar.

    ReplyDelete
  8. Di tangan lengket sih kalau aku ya, tapi di kakak kok enggk ya

    ReplyDelete
  9. Paw pawnya lebih nyaman dipake sebelum tidur sih, jadi ga kerasa minyakannya, tapi bagus banget sih emang buat ngelembabin bagian kulit yang keringg.

    ReplyDelete
  10. wahhh keliatan banget yaa. . itu beneran ngga sakit ya meskipun ngelupas gt?

    ReplyDelete
  11. Wah aku punya di rumah paw paw yang kemasannya merah, gak nyangka bisa untuk bagian kuku juga ya. Aku baru kepikiran mau coba haha. Makasih infonya ya ^0^
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  12. aku punya tapi merks sebelah, sama sih fungsinya tapi enakan yang itu aromanya :) #kbbvmember

    ReplyDelete
  13. Efeknya langsung keliatan ya tapi syg banget lembabnya kurang tahan lama :( #kbbvmember

    ReplyDelete
  14. aku sering liat produk ini, tapi masih belum coba huhu #kbbvmember

    ReplyDelete
  15. skrg makin banyak ya brand yang ngeluarin ointment macem ginii #kbbvmember

    ReplyDelete
  16. Kayaknya butuh nih buat spot2 tertentu yg ga mempan sama body lotion biasa
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  17. masuk list must buy nih buat ntar pas lg hamil.. #kbbvmember

    ReplyDelete
  18. aku juga punya ini! biasa suka aku pake buat bibir kalu lagi kering.. #kbbvmember

    ReplyDelete
  19. wah ada kandungan shea butternya, jadi bahan utama pula. aku suka si shea butter soalnya bikin kulit lembab banget ^0^ #kbbvmember

    ReplyDelete
  20. Wah nambah lagi referensi papaya ointment buat bayi. Thank you :) #kbbvmember

    ReplyDelete
  21. Aku juga pernah nyoba ointment gini, dan emang lembapnya kurang awet :(

    #kbbvmember

    ReplyDelete
  22. Aku paling suka pake pure paw paw ini ketika abis pake lip matte, sampe kelupaan punya lip balm juga 😊 #kbbvmember

    ReplyDelete
  23. Buat semacam eksim kayaknya oke ya? biar ga terlalu kering dan bisa ngurangin gatal. Dikasih body lotion/butter kadang ga mempan sih. #kbbvmember

    ReplyDelete
  24. Waa penasaran banget sih sama produk ini pengen coba jadinya #kbbvmember

    ReplyDelete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Roti Besak | Dah Enak - Besar Kali - Murah Pulak

Holla... Sebagai pengidap asam lambung dan maag yang cukup akut, wajib bagiku untuk sarapan sebelum beraktifitas. Menunya bisa apa ...