Sunday, October 28, 2018

Event & Review: INTERLAC | Teman Baik Ususmu Serta Solusi Sembelit Pada Bayi dan Anak


Holla...

Sudah lama sekali aku tidak menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan kehidupanku sebagai seorang Ibu. Alhamdulillah, beberapa waktu lalu diberi kesempatan oleh Mom Blogger Community untuk menghadiri talk show dari Interlac pada Event Mombee Expo.


For you info, Mombee Expo adalah pameran Ibu dan Anak terbesar di  Kota Medan. Ini juga kali pertama aku menghadiri event parenting sebagai blogger. Pada acara ini juga, aku pertama kalinya membawa Bang Abi pada saat liputan event. 

Seperti apa keseruan event dan apa saja yang dibahas pada saat talk show tersebut? Lalu, bagaimana dengan produknya? 

Baca terus sampai habis, sembari nyeruput kopi atau tehnya moms. 

Event


Acara yang bertajuk "Mengenal Fakta dan Cara Penanganan Sembelit Pada Bayi dan Anak", ini berlangsung pada Hari Jumat, 12 Oktober 2018 di Mall Center Point Medan. Talkshow parenting dan kesehatan ini sangat on time dan singkat, dari pukul 16:00-17:00. Walaupun singkat, namun banyak sekali informasi yang aku dapatkan di sini lho moms. Apa sajakah itu?


Bapak Mohamad Nurhadi (Brand Manager Interbat) dan dr Eveline selaku pembicara, membahas hal yang berkaitan dengan tema dengan sangat informatif dan santai. 


Tidak hanya product knowledge, tapi kedua pembicara membeberkan banyak sekali fakta tentang kesehatan pencernaan, khususnya pencernaan bayi dan anak. Jujur, beberapa diantaranya baru aku ketahui disini. Mereka juga menjelaskan serba-serbi probiotik. Nah, awalnya aku berpikir kalau probiotik itu hanya satu jenis. Ternyata banyak jenis lho moms. Nah, aku jabarin satu-persatu ya ilmu-ilmu yang aku dapat pada acara ini.

-Sistem Saluran Cerna dan Proses Kelahiran Anak-

Diawal acara, Pak Hadi bertanya kepada kami yang hadir siapa yang melahirkan dengan proses normal, dan siapa yang melalui proses sectio. Ternyata hal ini berkaitan dengan materi lho moms. Jadi kita harus memahami dulu nih moms, kalau proses kelahiran anak ternyata mempengaruhi saluran pencernaannya.

Tanpa bermaksud mengkategorikan baik atau buruknya proses kelahiran seseorang ya. Berdasarkan penelitian ilmiah dalam bidang kesehatan ditemukan bahwa anak yang lahir dalam proses normal, memiliki saluran pencernaan yang lebih baik. 

Lho jadi anak yang terlahir sectio tidak memiliki saluran pencernaan yang baik? Tidak juga kok moms, berdasarkan penuturan dari dokter Eveline, begini deh kira-kira penjelasannya.  

"Ketika seorang bayi lahir secara normal maka dia akan melalui liang rahim ibunya, yang dimana terdapat banyak bakteri baik. Diantaranya adalah Laktobasilus Reuteri yang tertelan oleh bayi bersamaan dengan cairan leher rahim". 

Hal tersebutlah yang menyebabkan kolonisasi bakteri baik pada pencernaan terbentuk.  

-Gangguan Pada Pencernaan Apa Saja Yang Rentan Dialami Oleh Bayi dan Anak?-

Jadi moms, sebagai orangtua kita pasti sangat akrab dengan beberapa nama penyakit atau gangguan pencernaan pada bayi dan anak. 

Seperti:
-Sembelit-Kolik-Konstipasi-Gumoh-Diare
Walaupun mungkin tidak semua jenis permasalahan kesehatan di atas pernah dialami oleh anak kita, tapi tetap saja menjadi momok yang harus kita waspadai. Terutama sembelit kan moms? Ini adalah gangguan kesehatan yang rentan dialami oleh bayi baru lahir dan anak. 

Sesuai dengan pokok pembahasan acaranya, jadi aku mau bahas tentang sembelit lebih lengkap di point di bawah ini ya moms.

-Fakta dan Penanganan Sembelit Pada Bayi dan Anak-

Sembelit adalah kondisi tertahannya feses atau tinja dalam usus besar, dengan frekuensi dan konsistensi tertentu karena adanya kesulitan untuk mengeluarkannya. 

Biasanya ditandai dengan gejala seperti:

- Frekuensi BAB yang berkurang
- Tekstur BAB yang tidak seperti biasanya
- Anak rewel dan terlihat tidak nyaman dengan kondisi perutnya
- Jika terjadi pada bayi, maka akan menolak susu atau MPASI

Yang sering menjadi penyebab sembelit adalah, efek trauma, perubahan pola makan, perubahan susu formula, dehidrasi, kurang pergerakan atau adanya kondisi kesehatan bawaan lainnya.

Tapi tenang moms, Insyallah setiap penyakit ada cara untuk mengatasinya kok. Apa saja caranya? 

- Obat suppositoria (dimasukan melalui anus)
- Konsumsi air 
- Pijatan perut dengan gerakan tertentu (bisa di googling atau tanyakan dengan DSA, khususnya yang memiliki sertifikat Infant Massage)
- Konsumsi makanan berserat
- Toilet training
- Konsumsi probiotik

Nah, berhubungan dengan point terakhir. Mungkin moms masih bertanya-tanya apa sih probitik itu dan apa kegunaanya.

Probiotik adalah mikro organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat, akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Terutama kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Jenis probitik itu sebenarnya ada banyak sekali ya moms. Terdiri dari dua kategori spesies, Lactobasilus dan Bifidobacterium. 


Sekarang ada lho moms probiotik yang bertahan dalam suhu ruangan. Jadi nggak harus selalu di simpan dalam kulkas. Travel friendly. Yaitu Interlac. Mau tahu lebih lengkap tentang Interlac? Nih aku ceritain tentang brand, serta review beberapa produk mereka yang aku punya dan anakku konsumsi.

Tentang Interlac


Interlac adalah suplemen probiotik yang diimpor dari BioGaia, yang merupakan perusahaan asal Stockholm- Swedia. BioGaia yang sudah berdiri dari tahun 1990 ini juga dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Mereka juga sudah melaunching produknya di 45 Negara. 


Di Indonesia, produk-produk dari brand ini diimpor dan didistribusikan oleh PT Interbat. Perusahaan farmasi yang sudah banyak mendistribusikan obat-obat berkualitas dan sering diresepkan oleh para dokter. 

Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, kalau jenis probiotik itu sangat banyak. Namun jenis probiotik yang terkandung dalam interlac adalah Lactobasilus Reuteri Protectus. Jenis ini adalah probiotik yang paling banyak diteliti di Dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia. Fyi, di Indonesia saat ini masih Interlac saja yang mengandung probiotik jenis Lactobasilus Reuteri Protectus.

Produk yang sudah mendapat predikat GRAS (Generally Recognized As Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan ini, tidak mengandung lactose. Sehingga aman untuk bayi, bahkan jika diberikan sejak hari pertama kelahiran. Termasuk untuk bayi dengan kondisi lactose-intolerant. Selain untuk bayi, suplemen ini aman digunakan oleh segala usia. Bayi, anak, dewasa, usia lanjut dan juga ibu hamil.

Produk Interlac terdiri dari beberapa varian. Interlac Drops, Interlac Sachet, Interlac Tablet Kunyah Rasa Strawberry (Untuk Anak) dan Rasa Lemon (Untuk Dewasa).

Tiga diantranya, aku miliki lho. Apa sajakah itu? Aku review satu-persatu produk Interlac yang aku punya ya moms.


Review Produk


Interlac Drops


Produk ini adalah suplemen probiotik tetes. Ditujukan untuk bayi usia 0 bulan sampai usia 3 tahun. Rasanya juga plain, sehingga mudah diterima oleh bayi dan anak. 


Dianjurkan diberikan sebanyak lima tetes perhari. Dapat disimpan dalam suhu ruangan atau di bawah suhu 25°C, tapi lebih dianjurkan untuk disimpan dalam kulkas. Kulkas bagian bawah ya moms, tidak perlu disimpan dalam frezer.

Produknya dikemas dalam botol kaca dan box. Karena berbentuk cairan, terdapat aplikator seperti pipet yang memudahkan produk keluar. 

Seperti foto di bawah ini penampakannya ya moms.


Interlac Sachet


Yang kedua ini, bentuknya adalah powder atau puyer. Penggunaannya adalah dilarutkan dengan sedikit air, dan menggunakan sendok. Rasanya netral atau plain. 


Anjuran pakainya 1 sachet per hari. Interlac Sachet dianjurkan untuk anak usia 1 tahun sampai 5 tahun.


Kemasaan yang aku miliki seperti foto diatas, adalah kemasaan dalam versi sampel. Tapi bentuk kemasaan sachetnya memang seperti itu kok moms. Yang membedakan hanya wadah kertasnya saja.

Interlac Tablet Kunyah Strawberry


Ini nih favortinya Bang Abi, dan cocok untuk moms yang memiliki anak yang sedikit kesulitan mengkonsumsi obat atau vitamin. Tablet kunyah ini disarankan 1 tablet perhari. Cocok untuk anak usia 2 sampai 12 tahun. 


Oia, ada juga yang rasa lemon dan cocok untuk orang dewasa.

Kemasaanya dalam blister. Dalam setiap boxnya berisi 3 blister yang masing-masing terdapat 10 tablet.


Bentuk tabletnya putih dan sedikit berbintik. Ukurannya sedang dan pas untuk anak-anak. Anakku suka sekali ini moms, mungkin dikira permen kali ya. Haha.


Where To Buy

Produk-produk dari Interlac ini bisa moms dapatkan secara offline di Guardian, Viva Health, baby shops. Atau secara online di Mothercare.co.id, JD.ID dan Orami.

Good news nih untuk moms yang di Sumatera Utara atau Kota Medan dan sekitarnya. Kalian juga bisa dapatkan produk Interlac di tempat-tempat berikut ini.

Sumber: Instagram Stories @interlacprobiotics

Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi website dan akun sosial media berikut ini:

Website: www.interlac-probiotics.com
Instagram: @interlacprobiotics
Facebook: interlacprobiotics

Sekian dulu report acara dan ulasan produk dari Interlac. Terimakasih Mom Blogger Community dan Interlac atas kesempatanya.


XOXO
Madamabi___

7 comments:

  1. Hai mom, kami sekeluarga juga konsumsi interlac juga loh, sama kyk abg Abi. Selain rasanya yang enak, bagus juga khasiatnya untuk usus..

    ReplyDelete
  2. Interlac solusi y bun.. Acara nya seru juga

    ReplyDelete
  3. Pentingnya menjaga kesehatan pencernaan anak ya Moms, terima kasih ya sudah mengedukasi pembaca dengan tulisannya. Btw, Bang Abi imut sekaliii. Nanti main sama Dito yah bang Abi.

    ReplyDelete
  4. efeknya berasa kali madam, kucinta sangat. bakal repurchase terus aku nih keknya.

    ReplyDelete
  5. Wah noted banget info pembelian Interlac, mantab Kak 😎

    ReplyDelete
  6. Wah.. Komplit sekali informasinya kk... Jadi berasa hadir di acaranya. Wkwk

    ReplyDelete
  7. Syukurla dibinjai udah tersedia produk interlac.

    ReplyDelete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Review: QEZA Acne Removal Green Tea Series

Holla... Selama ini aku adalah orang yang kalau dandan, paling ngga bisa lepas dari foundation. Kenapa? Karena aku memiliki be...