Thursday, November 29, 2018

5 Rekomendasi Buku Terfavorit | Day 10 #BPN30DayChallenge2018

Holla...

Di hari kesepuluh ini, tema dari Blogger Perempuan Network Challenge adalah 5 rekomendasi untuk buku film atau musik. Karena Nanti juga bakalan bahas tentang musik, yaitu playlist favorit. Berhubung aku juga sudah pernah membahas tentang film, tapi aku belum pernah membahas buku. Jadi aku mau merekomendasikan 5 buku bacaan terfavorit aku sepanjang masa. Atau Paling nggak sih, yang aku cintai sampai saat ini. Buku-buku ini jugalah yang sering aku rekomendasikan, keteman-temanku.



Bisa dibilang aku mudah menikmati berbagai genre buku. Walaupun yang selalu menjadi pilihan adalah buku-buku chicklit, tapi aku juga selalu antusias dengan buku-buku bacaan jenis lain. 

Buku-buku yang ingin aku rekomendasikan ini terdiri dari beberapa kategori dan jenis genre. Apa sajakah itu? Yuk disimak Beb.

1. The Architecture Of Love (Ika Natassa)

Semua novel Ika Natassa adalah favoritku. Tapi yang The Architecture Of Love ini, menurutku agak beda. Seperti punya "rasa-nya" sendiri. Tidak hanya karena karakter tokoh utama, yang kali bukan seorang banker (seperti karakter-karakter sebelumnya). Tapi feel dan suasana yang terasa dari novel ini lebih terasa melankolisnya, menurutku.

Berkisah tentang Raia dan River, dua anak manusia yang sama-sama berusaha move on dari masa lalu masing-masing. Mereka dipertemukan dalam "pelarian" yang sama, di new york. Tanpa terencana, menjalani dan mengisi hari bersama. Kemudian tanpa disangka-sangka menemukan gairah hidup kembali. Namun, disinilah permasalahan mulai bergejolak. 

Seperti yang aku bilang, nuansa melankolisnya cukup terasa. Tapi tidak bikin mewek lho. Namun, cukup membawa kita hayut dalam gejolak batin kedua tokoh ini. Gaya penceritaan yang realistis ala Ika, membuat aku makin menikmati setiap detail kisah Raia dan Riveri ini. 

2. Beauty Case (Icha Rahmanti)

Novel ini mengangkat kisah seorang Nadja Sinka Suwita. Seorang desainer interior, yang tengah berusaha memperjuangkan kehidupannya. Baik dalam hal karir, keluarga, friendship dan tentu saja asmara. 

Aku sudah jadi penggemar Icha Rahmanti dari zaman novel pertamanya Cintapuccino. Gaya penuturannya sangat khas. Blak-blakan, ceria dan cerdas. Apalagi di novel ini, sangat sinkron sama karakter Nadja yang ceria, supel dan heboh. 

Novel ini membahas kisah cinta, kehidupan perempuan kota, sampe politik dengan sangat santai. 

3. Marriageable (Riri Sardjono)

Novel ini mengisahkan tentang Flory. Gadis yang menginjak usia 30 tahun, namun tak kunjung menikah. Alasan dan sebab masih melajang diusia yang dianggap sudah matang, dibeberkan secara rasional, apa adanya dan seru. 

Belum lagi kekocakan tingkah dari Ibunya, Mamz. Yang sudah ngebet mencarikan datuk maringgi versi modern bagi anak gadisnya. Selain itu, aku juga senang dengan kisah persahabatan Flory dkk. Yang saling mendukung, dan sama gesreknya. Wkwk.

Cara Riri Sardjono mengemas cerita, sangat apik dan menyenangkan untuk dibaca. Sayangnya aku belum mendengar debut terbarunya setelah novel ini. 

4. Anne Of Green Gables (Lucy Maud Montgomery)

Tahu novel ini dari temenku, dan setelah aku baca. Aku sudah masuk ke ceritanya, dari halaman pertama. Anne Shirley adalah gadis kecil yang ceria, kritis dan majinatif. Membuat aku kangen akan masa kanak-kanak.

Singkatnya, Anne ini adalah gadis dari panti asuhan yang diadopsi oleh kakak-beradik Cuthbert. Marilla dan Matthew. Namun, sebenarnya mereka menginginkan mengadopsi anak laki-laki untuk membantu merawat perkebunan. Tapi akhirnya, mereka menerima Anne dan tidak mengembalikannya ke panti asuhan. 

Sepak terjang Anne yang tidak seperti anak-anak pada umumnya, sering membuat gempar masyarakat green gables. Tapi disitulah letak keseruan dari kisah ini. Bagaimana Anne menjalani dan menghadapi permasalahan hidupnya dengan ceria dan optimis, pantes kita (orang dewasa) tiru. 

Walaupun merupakan novel jadul, tapi nilai-nilai moral dalam buku ini tidak lekang dimakan waktu.

5. A Little Princess (Frances Hodgson Burnett)

Sara adalah gadis kecil, putri dari saudagar kaya yang bersekolah dan tinggal di asrama, setelah ibunya meninggal. Awalnya ia adalah kesayangan dari kepala.asrama, tidak hanya karena kecerdasannya. Namun juga karena kekayaan orangtuanya.

Tapi, semua berubah ketika tersiar kabar bahwa Ayahnya Sara meninggal. Ia sontak mendapat perlakuan yang berbanding terbalik dengan sebelumnya. Hebatnya, Sara tetap Sara. Seorang putri dengan jiwa yang besar. Disaat semua memperlakukannya dengan buruk, dia tetap memegang teguh sikapnya yang tetap baik kepada semua orang. 

Ini tuh bagus banget untuk dibaca dan diceritakan kepada anak. Nilai-nilai moralnya sangat baik untuk diajarkan kepada anak. 

*****

Nah, dari novel favoritku ini, kamu sudah baca yang mana aja nih? Atau kamu punya novel favorit versi berbeda? Share di kolom komentar yuk. 

XOXO

Madamabi___

No comments:

Post a Comment

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Skincare Routine With Elsheskin | AM & PM - Dari Cleanser Sampai Sunscreen

Holla... Untuk yang ngikutin Instagram aku (@jurnal_madamabi), pasti tahu banget kalau aku lagi rajin pakai produk skincare dari Els...