Tuesday, November 20, 2018

6 Alasan Kenapa Aku Menulis Blog | Day 1 #BPN30dayChallenge2018


Holla...

Sebelumnya aku mau infoin dulu, kalau dalam 30 hari kedepan aku bakalan rajin post nih di blog ini. Kenapa? Karena aku lagi ikut tantangan dari Blogger Perempuan Network atau BPN. Namanya adalah BPN 30 Day Blog Challenge. Jadi dalam tiga puluh hari kedepan, setiap harinya aku akan post tema tulisan yang berbeda. Sesuai dengan tema dan challenge yang sudah ditentukan oleh tim BPN.


Apakah aku sanggup? Semoga ya bok. Apalagi aku baru dapat quote begini.

"Tugas kita bukan menulis di waktu luang. Tapi luangkan waktu untuk menulis".
- Jee Luvina -

Jadi aku termotivasi untuk meluangkan waktu dalam sehari untuk menulis. Apalagi tema tulisan yang ditentukan oleh BPN (sepertinya) ringan. Haha.


Ditambah lagi, selama bulan November ini aku baru posting satu tulisan sampai dengan pertengahan bulan. Jadi memang harus kejar setoran dan membangun semangat lagi nih.

Yang menjadi tema pertama dalam tantangan ini adalah "Kenapa Menulis Blog?"

Kesannya kayak gampang banget yak. Seperti sebuah pertanyaan ringan yang biasa dilontarkan seseorang kepada blogger. Tapi ketika ingin menjawabnya dalam bentuk blog post, ternyata tidak semudah itu ya Rosalinda. Wkwk.

Tapi begini deh kira-kira jawabanku, jika ditanya kenapa aku menulis blog?

1. Berawal Dari Membaca


Alhamdulillah aku dibesarkan di keluarga yang gemar membaca. Semua anggota keluarga akrab dengan buku, majalah, tabloit dan berbagai jenis bacaan lainnya. Hal ini membuat aku juga akrab serta terbiasa dengan aktifitas membaca. Dari situlah muncul keinginan untuk menghasilkan sebuah tulisan, dan terdorong untuk menulis.

2. Memfasilitasi Hobi Menulis


Setelah mulai mengenal dunia tulis-menulis, aku berusaha untuk mencari wadah yang mampu untuk mefasilitasi hobiku ini. Agar hal yang awalnya hanya merupakan kegemaran ini mampu bertransformasi menjadi sebuah keahlian yang lebih mumpuni lagi (amin).
Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, membuat aku mengenal yang namanya platform blogging.

Baiknya, blogging membuat aku berusaha untuk mempelajari hal-hal lain yang  berkesinambungan. Seperti desain atau tata letak blog agar menarik. Manajemen waktu menulis. Menggali ide untuk konten blog. Dan banyak hal baik lain yang membuat aku semakin enjoy melakukannya.

3. Media Mengungkapkan Opini & Pemikiran


Nah, kalau ini. Karena aku itu tipe orang yang kalau melihat, mendengar atau merasakan sesuatu. Rasanya ingin dijelaskan dan meluapkan apa yang aku pikirkan. 

Tapi, hal ini terkadang tidak bisa diaplikasikan begitu saja. Kenapa? Karena tidak semua orang memiliki pemikiran dan sepemahaman sama kita. Jadi yang awalnya ingin berpendapat, malah jatuhnya diskusi dan menuju ke perdebatan. Kadang mah, aku cuma pengen berpendapat aja tanpa berharap feed back setuju atau tidak dari orang sekitar. Kalaupun iya, mungkin tidak secara langsung.

Dan jika memang ingin berpendapat dan siap untuk mendapat feed back, terkadang tidak semua orang menganggap butuh pendapat kita. Atau sedihnya lagi, tidak semua orang menganggap kita pantas mengungkapkan hal tersebut.

Sedangkan jika kita menulis di blog. Orang yang membaca juga merupakan orang-orang yang membutuhkan info yang ingin kita berikan. Atau paling tidak, kita bisa mengubah buah pikiran kita kedalam bentuk informasi dan menyajikannya dalam tulisan. Jadi tidak spesifik tertuju ke seseorang.

4. Menyatukan Beberapa Passion Berbeda


Aku juga memiliki beberapa kecintaan yang ingin aku lakukan dalam hidup ini. Kata orang terdekatku sih, tidak fokus. Rasanya semua mau di kerjain.

Jadi menulis blog menurutku adalah cara menyatukan hal-hal tersebut. Aku suka fashion, jadi nulis tentang fashion (walaupun udah lama absen). Suka masak, nulis tentang masakan. Suka dunia kecantikan, nulis tentang kecantikan. Gitu deh kira-kira bok.

5. Membantu Pekerjaan / Bisnis Yang Dijalankan


Karena punya onlie shop dan aku termasuk seller yang kurang sabar menghadapi pembeli yang nanya berulang-berulang (upss), jadi aku memutuskan untuk membuat review dari produk daganganku.

Jadi kalau ada yang bertanya atau nanya swatch tentang produk yang aku jual, tinggal share link blog post aja deh. Kan mayan, dagangan laris page view nambah. Wkwkwk

6. Membuka Koneksi


Dari dulu ngeblog, rasanya seperti terasing di lingkungan sekitar. Kenapa? Karena aku tidak hidup di lingkungan orang-orang yang memiliki passion yang sama. Jadi kadang apa yang aku gemari seperti sesuatu yang aneh di mata orang lain.

Tapi berkat blogging, aku mulai menemukan orang-orang yang memiliki passion yang sama denganku. Yaitu blogging dan menulis, khususnya beauty dan parenting blog. Tidak hanya di daerah domisiliku, melainkan juga dari seluruh Indonesia. Senang sekali lho rasanya.

****

Nah, jadi itu deh beberapa hal yang menjadi alasan aku untuk membuat blog dan ingin terus menulis blog. Mungkin jawabannya akan berbeda-beda ya tiap orang. Karena memang alasan nge-blog itu personal sekali.

Nah, semoga besok aku bisa menjalankan challenge dari BPN lagi. Doakan saya. Hahaha.

XOXO
Madamabi___

3 comments:

  1. Waaahh tidak semudah itu ternyata menjawab pertanyaan kenapa menulis diblog ternyanta ada 6 alasan ya bok mantapp

    ReplyDelete
  2. Ide nya brilian tuh mba, bikin review produk sendiri hahaha..semoga laris manis dagangannya, pageviews jg naik terus yaa...gudluck mba

    ReplyDelete
  3. laaah bener aku baru tau korelasinya madam. tepat guna emang buat bisnis kita ya. 😍

    ReplyDelete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Roti Besak | Dah Enak - Besar Kali - Murah Pulak

Holla... Sebagai pengidap asam lambung dan maag yang cukup akut, wajib bagiku untuk sarapan sebelum beraktifitas. Menunya bisa apa ...