Saturday, November 24, 2018

Aplikasi Sosial Media Yang Memudahkan Hidupku | Day 5 #BPN30DayChallenge2018

Holla...

Semakin hari, tema dari BPN 30 Day Challenge semakin menarik aja nih. Kalau empat hari sebelumnya masih berkutat dengan pertanyaan personal. Sekarang temanya lebih bikin "mikir" lagi. Hehe. Yaitu: "Tentang Social Media". Nah ini kan bakalan luas banget ya pembahasannya.


Awalnya aku agak kebingungan, mau ambil pembahasan spesifik yang bagaimana. Tapi setelah kupikir lagi, aku ambil pembahasan yang tetap berbau personal lah.

Sebagai generasi milenial (uhuk) yang hobi main handphone, bisa dibilang aku cukup ketagihan dengan internet. Khususnya sosial media.

Bagaimana tidak? Kerjaanku sebagai pedagang kosmetik online dan blogger, membuat aku mau tidak mau familiar dengan sosial media. Ditambah lagi, dengan kemajuan teknologi dan pesatnya pertumbuhan informasi. Membuat kita semakin mudah mendapatkan "petunjuk-petunjuk kehidupan", yang rasanya kalau hanya mengandalkan informasi dari sesepuh seperti sudah tidak relevan lagi.

Jadi memang aku butuh sumber informasi lain, yang praktis didapat. Selain melalui blog atau website media elektronik, sosial media adalah salah situ pilihan terbaik. Pilihan yang menurutku mampu untuk menjawab kebutuhanku terhadap akses informasi, dan memudahkan hidupku yang cukup rumit ini (jangan pancing aku untuk curhat Margaretha).

Ini dia beberapa sosial media, yang menurutku sangat membantu hidupku selama ini. Dengan bantuan-bantuan informasi yang sangat bisa aku terapkan di kehidupan nyata. Apa sajakah itu?

1. Instagram

Instagram menurutku seperti jelmaan beberapa sosial media yang sudah ada. Dia bisa menjadi media untuk menjalin pertemanan dan lingkungan sosial. Bisa juga untuk tempat berekspresi lewat karya visual (foto & video), apalagi sekarang ada Instagram Story dan IG TV. Mini blog, karena tersedia multiple picture dan batas caption yang cukup panjang.

Dari mulai menggunakannya, aku merasa Instagram seperti Doremaemon bagiku. Ya contohnya seperti metode pola asuh yang sebagian besar aku terapkan ke anakku. Ya aku dapat dari sharingan mommy gram, dokter spesialis anak yang aktif di instagram.

Instagram juga menjadi lapak menggali pundi-pundi rupiah bagiku. Bisnis yang aku jalani saat ini, yaitu @lelipstickan. Dimulai dari postingan Pre Order lipstick bagi kenalan-kenalanku saja, kini sudah memiliki akun sendiri dan merupakan sumber pengahasilanku sembari mengasuh anak di rumah. Ya semua karena Instagram, aku bisa memiliki, memasarkan dan menginklankan daganganku tanpa harus meninggalkan anak.

Selain mendapatkan informasi dari instagram, aku juga bisa membagikan informasi yang aku miliki dari platform sosial media yang satu ini. Contohnya seperti menginformasikan postingan blogku yang terbaru, dan membuat aku semakin mudah berhubungan dengan teman-teman sesama blogger.

Oia, sekarang instagram juga membuat aku semakin mudah mendapat info Give Away dan lomba blog/menulis. Membantu sekali lho ini.

2. Pinterest

Pertama tahu pinterest ini, dari tulisannya Anita Moran di kolom Editor-nya majalah Gogirl. Disaat temanku sibuk nge-path, aku lebih suka nge-pin. Haha.

Pinterest ini, ibarat katalog ajaib. Semua ide yang aku butuhkan bisa aku dapatkan disini. Hanya dengan memasukan key word sesuai kebutuhanku, lalu aku tampil pin-pin yang berkaitan. Jadi tanpa harus follow-follow, tetap bisa melihat pin yang menarik hati. Istilahnya, ini tuh sosial media yang ngga banyak basa-basi. Pencet-pencet dapat.

Menariknya, setiap pin yang kita sukai bisa kita satukan di board khusus sesuai tema. Jadi board tersebut seperti menunjukkan katakter dan passion kita. Apa yang kita tancapkan di board akan sangat mungkin dijangkau dan disebar oleh orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Jadi tanpa follow-follow tetap bisa menyebar.

Begitu juga kalau meletakkan link blog disini, sangat memungkinkan untuk tersebar sampai ke penjuru dunia.

3. Facebook

Kalau facebook biasanya, isinya lebih kepada media sosialisasi dengan orang-orang yang dikenal. Seperti keluarga dan teman lama khususnya.

Jadi walaupun lama tak berjumpa atau dipisahkan jarak, rasanya jadi tidak berbatas. Kita seperti bisa memantau kabar orang tersebut melalui facebook.

Untuk blogging dan bisnis, menurutku menyebarkannya lewat facebook menjadi lebih luas cakupannya. Karena facebook paling banyak diakses segala kalangan dibandingkan beberapa sosial media lainnya. Karena facebook juga mudah digunakan dan pengaturaanya lebih simpel.
Cuma, ya gitu deh. Tetap harus teliti menerima dan memilih mana teman yang kita invite dan accept. Karena jika tidak, kita akan mendapat imbas dari apa yang dia share di wallnya, akan muncul juga di timeline kita.

Sejauh ini memang aktifitasku di facebook antara share blogpost dengan share link di grup blogger aja sih. Tapi hal ini yang membuat aku, masih bertahan dan menobatkan FB sebagai salah satu sosial media yang membantu hidupku.

-----

Nggak banyak ya sosial media yang benar-benar rutin aku gunakan. Tapi menurutku, tiga ini saja udah cukup. Kalau kalian, sosial media apa yang membuat kalian susah lepas? Share di kolom komentar yuk.

XOXO

Madamabi___

1 comment:

  1. Media sosial memudahkan kita untuk menggali informasi bahkan bisa mencari pundi pundi berlian asekk

    ReplyDelete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Roti Besak | Dah Enak - Besar Kali - Murah Pulak

Holla... Sebagai pengidap asam lambung dan maag yang cukup akut, wajib bagiku untuk sarapan sebelum beraktifitas. Menunya bisa apa ...