Saturday, March 2, 2019

Loose Powder Terfavorit | Dari Brand Lokal Sampai Yang Pernah Hits! #JurnalBeautyMadamabi


Holla...
Sejak paham dandan, aku memang lebih sreg dengan bedak tabur dibandingkan bedak padat. Alasannya, karena finishnya lebih natural dan formulanya ringan. Sudah mencoba beberapa bedak tabur, dari brand luar sampai lokal. Namun, empat loose powder berikut adalah favoritku sampai saat ini.

Apa saja dan kenapa?

Eits, tapi sebelumnya aku mau bagiin info berikut ini dulu ya.

Sekilas Tentang Loose Powder

Loose powder atau bedak tabur yang teksturnya lebih ringan dan lembut dibandingkan bedak padat. Formulanya lebih unggul dalam hal mengontrol minyak wajah berlebih. Tapi, sering sekali kemasaan dari loose powder yang cenderung menjadi kendala pemakainya. Karena umumnya tidak dilengkapi cermin, desainnya bulky dan rentan tumpah berhamburan.
Terdapat beberapa jenis loose powder, tapi yang sering wara-wiri adalah translucent, powder foundation, mineral powder, setting powder dan finishing powder. Kelimanya memiliki arti dan keunggulan berbeda.

Translucent Powder: Jenis bedak yang memberikan efek "bunglon", atau tidak merubah warna kulit pemakainya. Bedak ini akan menyesuaikan warnanya, sesuai dengan skintone pemakainya. Jadi, bisa dijadikan solusi untuk kalian yang "no-menor-menor-squad".

Powder Foundation: Bedak yang memberikan hasil hi-coverage, biasanya medium sampai full coverage. Performanya tetap oke walaupun dipakai tanpa base, seperti foundation. Praktis, simpel dan efisien untuk menghemat waktu dandan.

Mineral Powder: Komposisi utama loose powder jenis ini adalah, kaya akan kandungan mineral alami. Hal tersebut berfungsi untuk melindungi dari jenis kandungan lain yang membebani kulit. Seperti surfaktan, silikon, unsur minyak dan pengawet. Cocok untuk yang memiliki kulit sensitif ataupun yang sedang menjalani treatment khusus, seperti laser atau chemical peeling.

Setting Powder: Jenis ini berperan untuk mengunci riasan, dan mengontrol minyak berlebih. Khususnya pada area T-Zone, agar tidak terlalu mengkilap. Digunakan setelah pengaplikasian foundation.

Finishing Powder: Bedak ini digunakan setelah setting powder. Hal ini berfungsi, agar membuat riasan semakin sempurna. Karena dapat menyamarkan garis halus, dan membuat pori-pori tampak blur.

Terfavorit Aku Adalah...

Empat produk ini adalah loose powder favoritku, dan paling sering aku pake. Kok beda-beda? Karena klaim dan performanya ya berbeda-beda bebs.

1. PONDS BB Magic Powder


Untuk sehari-hari aku pakai yang PONDS BB Magic powder. Makenya mudah, tinggal tepuk-tepuk manja di wajah. Terkadang aku pakai tangan aja, ketika mengaplikasikannya. Tapi sering juga pakai brush, biar nggak cemong gitu.

Sekilas terlihat seperti bedak bayi, tapi serbuk bedak ini ada warnanya, yaitu beige. Terlalu terang untuk kulitku? Oh tidak, ini termasuk translucent powder. Nantinya akan membaur dengan warna kulit asliku.

Lasting powernya oke, walaupun hanya pakai moiturizer. Menurutku, oil controlnya juga bagus lho. Mampu mengontrol minyak berlebih di wajah. Pakai sekitar 4 jam, masih awet dan tidak mengkilap yang parah.

For your info, butirannya terdapat micro shimmer. Bikin wajah glowing, tapi nggak lebay. Ada aromanya yang sempat fenomenal itu juga. Tapi aku sih nggak masalah, karena punya toleransi cukup besar terhadap fragrance di sebuah produk makeup.

Produk ini dibandrol dengan harga sekitar 25.000 - 35.000 IDR. Sangat terjangkau kan.

2. Make Over Silky Smooth Translucent Powder


Kalau mau kondangan pakai yang Make Over ini, karena coveragenya nampol. Formulanya juga ringan di wajahku. Untuk lasting powernya juga oke, nggak harus touch up lagi. Oil controlnya di wajahku medium ya. Kalau cuaca lagi gerah, dan aku terlalu rempong bergerak, dia jadi lumayan cepat mengkilapnya.

Aku punya shade 02 Rosy, yang shadenya yellow undertone cukup terlihat. Tapi bedak ini tuh, nggak mudah transfer di hijab ataupun mukena. Biasanya kalau bedak yang shadenya agak yellow, suka mengecap di hijab atau mukena kan. Jadi berbekas gitu, tapi bedak ini nggak.

Finishnya memang masih terlihat powdery ya. Tapi masih bisa diakali dengan setting spray atau face mist beb.

Sayangnya kemasaanya kurang travel friendly, karena cukup montok. Tapi kelebihannya adalah, isinya yang banyak. Awet dan hemat. Apalagi harganya hanya @115.000 IDR.

3. Fanbo Acne Solution Loose Powder


Pas lagi jerawatan, aku memilih pakai loose powder fanbo yang acne solution dan memang diformulasikan untuk kulit berjerawat.

Aku punya dua shadenya, yang 01 Oriental Yellow dan 02 Translucent. Tapi lebih suka pakai yang Oriental Yellow. Karena menurutku, lebih pas aja di wajahku.

Bisa dibilang feel-nya sih hampir sama dengan bedak tabur pada umumnya. Tapi karena memang diformulasikan khsus untuk kulit berjerawat, aku lebih memilih menggunakan produk ini ketika sedang jerawatan. Karena mengandung tea tree oil, yang baik untuk jerawat. Ya salah satu usaha sayang kulit, begituh. Agar kondisinya tidak semakin parah.

Yang aku suka juga dari bedak ini, memang terasa ringan sekali dikulit. Nggak terasa "gredebel" (artiin sendiri deh kira-kira giamana wkwk) gitu kalau di pakai. Finishnya oke. Bikin kulit kelihatan dewy gitu. Yah, walaupun memang coveragenya sheer banget.

Untuk kalian yang gampang jerawatan, boleh banget sih ini dicoba. Harganya hanya @36.550 IDR aja bebs.

4. Rivera Luminous Micro Powder


Nah, kalau jalan-jalan seharian milih si Rivera Luminous Micro Powder. Karena lasting power dan oil controlnya oke. Awet dipakai seharian tanpa touch up.

Selain itu, aku dapat shade yang sudah lama aku cari dari produk ini. Yaitu shade yang mentok banget pas di kulitku yang medium menjurus tan. Yaitu shade 03 Sand Beige. Gelap, tapi tidak bikin wajahku kusam. Malah seperti ada semburat golden yang eksotis. Suka deh.

Pertama mencoba, aku langsung terpesona dengan finishnya yang flawless banget. Sampai kaget, karena finishnya memang "kelas" banget. Agak-agak takjub dengan brand lokal satu ini.

Sampai saat ini, udah niatan mau repurchase lagi. Ditambah harganya masih masuk budget aku, @126.000 IDR.

==========

Semua produk di atas sudah pernah aku review lho. Untuk info dan review lebih komplitnya, kalian bisa search sesuai judulnya.

Btw, kalian team loose powder atau compact powder nih? Share yuk alasannya.

XOXO
Madamabi___

9 comments:

  1. Aku baru pake make over, enak sih di muka tp mehong ya boook... Makenya jd diirit2 deh 😀 klo sekedar ke warung pake marks aja cukup

    ReplyDelete
  2. ga suka ma bb powder, jadi banyak komedoku. hemm

    ReplyDelete
  3. Aku punya yg Pond's dan rivera. Suka deh madam. Halus kali... Kena muka, beuuh berasa kek pantat bayi 😅

    ReplyDelete
  4. Fanbo masih nesya pake sampe sekarang, gilasih ini produk gak ada duanya.

    ReplyDelete
  5. Iya aku pun tak paham cara pake dr kemasannya. Di tumpahin ke tangan kah?

    ReplyDelete
  6. Itu yang rivera dan fanbo aku penasaran juga.. Soalnya belakangan lagi pro banget sama bedak tabur.

    ReplyDelete
  7. No menor menor Squad kudu punya tranlucent powder

    ReplyDelete
  8. Menurutku tetap suka yang Ponds, kak apalagi emang hits kali yah loose powder ini.

    ReplyDelete
  9. Aku suka sekali sama ponds madam dan beliknya di beautycase waktu itu. Sungguh natural sekali hasilnya dan glowing ke aku. Tapi rivera juga gak kalah nampol. Cucmey

    ReplyDelete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Review: Elsheskin Deep Cleansing For Normal Skin | Sebersih Itukah?

Holla… Aku memang sedang fokus mencari pembersih wajah sekaligus makeup, yang benar-benar bersih sampai kepori-pori. Pada akhirnya a...