Tuesday, March 26, 2019

Menikmati Hidup Ala Hygge | #HelloLife


Holla…

Sejak kuliah dulu, tepatnya sekitar tahun 2009 aku sudah terbius dengan konsep kebahagian yang sederhana. Bukan karena rendah hati, tapi memang hidupnya penuh keterbatasan. Hiks.. Hik.. LOL. Ditambah lagi issue ini sering aku baca dan selalu diangkat di majalah favoritku saat itu, Gogirl! Kayaknya hampir semua yang seangkatan denganku mengenal majalah ini ya? Bener nggak sih?


Lalu setahun belakangan, aku menemukan Hygge ketika sedang main-main di Pinterest. Setelah aku telisik dan melihat pin-pin yang berkaitan dengan hygge, aku semakin tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut. Jadi hygge adalah cara hidup  (yas, cara hidup bukan gaya hidup ya) ala orang Denmark.

Dimana setiap hal-hal kecil dalam hidup harus dirayakan, dinikmati dan disyukuri. Tujuannya apa? Agar hidup lebih nyaman, indah dan berarti.


Hygge merupakan kebiasaan orang-orang Nordik,  khususnya masyarakat Denmark. Yang disebut-sebut lebih dahulu menjalani hidup dengan cara ini. Tepatnya, sejak tahun 1880-an. Konsep ini juga mempengaruhi berbagai elemen kehidupan lainnya.  Konsep ini tidak saja tentang sikap, tapi juga merebak kepada hal lain. Seperti dekorasi rumah, produk kencantikan, menu masakan, selera music dan tontonan. Serta banyak hal-hal lain lagi yang mengadopsi pada konsep Hygge ini.

Kenapa Aku Suka dan Tertarik Dengan Hygge?

Karena segala yang mencakup dalam konsep ini, adalah hal-hal yang memang aku senangi. Hal-hal kecil yang memang sudah mendapat tempat di hatiku.

Hygge ini nggak hanya berpatok pada kepuasan pada setiap pencapaian hidup. Tapi juga mengajarkan kita untuk bersyukur dengan cara yang melankolis dan artsy. Identik dengan sesuatu yang vintage, warm dan relaks. Menekankan pada self care namun jauh dari artian selfies. Teduh banget sih emang konsep hygge ini menurutku.

Mengenal hygge ini juga seperti memberikan warna baru dalam hidupku. Aku jadi tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan Denmark. Wkwk. Sampe sering googling tentang Negara yang menjadi latar belakang film The Danish Girl ini.

My Hygge Habits

Yang namanya konsep ya tetap konsep. Bagaimana kita mengadopsi dan mempraktekkannya, ya balik lagi ke-kenyamanan diri masing-masing. Beberapa hygge habit yang selalu aku lakoni adalah, hal-hal sederhana yang sifatnya memang untuk me-time. Yasss. Budak me-time garis keras memang. Karena me-time adalah koenci kewarasanku. LOL.

Karena setiap harinya dalam hidup memang harus dirayakan. Nah, dirayakannya ini bukan dengan hal-hal besar dan gegap gempita seperti party ya. Tapi lebih kepada treat your self dengan hal-hal kecil yang membangkitkan mood.


Kayak menikmati secangkir teh hangat  atau ngopi, sembari duduk dan melihat-lihat langit. merasakan hembusan angin yang semilir dari teralis jendela di belakang rumah.

Mendengarkan lagu-lagunya Adithia Sofyan,  James Blunt, dan Goo Goo Dolls di kamar dengan cahaya yang temaram.

Baca novel-novel chicklitnya Sophie Kinsela, Icha Rahmanti, Ika Natassa dan Windry Ramadhina  yang super seru.

Nonton chickflick favorit kayak Something Borrowed, 27 Dresses, Bridget Jones Diaries dan teman-temannya. Walaupun sudah berkali-kali diputar.

Matiin HP beberapa jam, dan ngebujo.

Unfollow dan block akun-akun hosip yang penuh dengan spekulasi serta aura negatif.

Maskeran dan luluran. Bahkan mandipun menurutku salah satu kebiasaan Hygge-ku. Karena mandi tenang tanpa gedoran dari si kecil itu sangatlah berkah. Haha.

=============================================================

Dan banyak kebiasaan hygge lainnya yang sangat mungkin dan sederhana untuk dilakukan. Apa aku bikin aja satu post untuk Hygge Habbits ini kali ya?

Kalau kalian tertarik dan penasaran, silahkan googling atau cari di Pinterest.

Nah, kalian tertarik juga dengan cara hidup ala Hygge ini?

XOXO


Madamabi___

11 comments:

  1. Kayaknya saya udah punya nih kebiasaan hyge keluar duduk lesehan di teras ditemeni suami sambil ngopi pas anak2 dah pada tidur. sambil lihat bintang di langit.

    ReplyDelete
  2. Hidup yang menarik ini, Madam. Tapi ini menjurus ke introvert gak, sih? Ya tapi gpp juga sih haha aku pun pusing kalau rame2 😆

    ReplyDelete
  3. dipikir2 sih, bbrp me time yg aku lakukan selama ini ya sama konsepnya dgn hygge :D aku selalu nyempetin baca buku di jam2 istirahat, ato sekedar main game di hp. hal2 kecil yg sbnrnya penting banget utk ttp menjaga mood dan kewarasan ya mba :D. baru tau aja kalo konsep begitu namanya hygge :)

    ReplyDelete
  4. Mbaaaaaaa kok lagi las banget sih. Aku juga lagi baca buku parenting tentang gaya pengasuhan orang denmark gtu. Krn orang2 denmark itu selalu berada diurutan teratas sebagai orang2 yh bahagia di muka bumi ini dan ternyata itu brsala dri pengasuhan mereka yang dibsarkan olh orng tua2 yg bahagia dan memegang konsep kebahagian itu sendiri

    ReplyDelete
  5. baru pertama kali dengar istilah ini mbak ,tapi kayaknya di beberapa kesempatan udah aku praktekan, misal duduk diperkarangan rumah memandang sekitar sembari tarik nafas yang dalam seketika merasa bahagua dengan hidup dan nyaman, mood menjadi amat baik.

    atau hal lainnya saat mandi air hangat saya membuat rileks dan nyaman mungkin, sangat menikmati s

    ReplyDelete
  6. Aku juga pernah bahas ini di blog karena langsung jatuh cinta dengan konsep Hygge setelah baca bukunya juga. Aku suka karena kita diajarkan untuk practice gratitude atas hal-hal kecil dalam sehari-hari. Btw, Hygge-nya Mba kok sama yaa kayak saya, penggemar novel Ika Natasaa juga :P

    ReplyDelete
  7. Seriusan nesya baru tau ini dari kakak, soal blokirin akun orang yg negatif vibes udah nesya terapin kak, relax tapi besoknya datang lg akun lain haha tapi bukan aku gosip, kadang butuh juga *waduh

    ReplyDelete
  8. Aku juga penasaran dengan hygge ini madam karena sempat ngeliat buku dari influencer tentang hidup hygge ini. Jujur aku juga suka dengan konsepnya. Dan yaaaa gogirl jugaaa majalah langgananku madam.

    ReplyDelete
  9. Hidup harus dinikmati ya ,madam. Aku tidak semuanya bisa ngikuti cara Hygge ini tapi baca buku msh kuusahakan dilakukan.

    ReplyDelete
  10. Singkat padat tepat, bahkan me time ngebujo ku blm tamat2 kak. Entah apa yang membuat ku sibuk skrg ini huhu

    ReplyDelete
  11. Aku banget hygge ini 😍 Kalau aku madam, baca novel tanpa gangguan itu syurga kalilah 😁

    ReplyDelete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Review: Etude House 0.2mm Therapy Air Mask Sheet

Holla... Walaupun bukan penggemar K-SkinCare, tapi untuk urusan sheet mask aku selalu penasaran dengan produk keluaran negri...