Thursday, May 30, 2019

Review: Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Chusion | W42 Warm Sand


Holla...

Kayaknya Make Over nggak siap-siap ya, bikin kita teriak "what! baru lagi?". Setelah mengeluarkan seri powerstay versi foundation, moisturizer, concealer, tinted moisturizer dan kini giliran chusion. Yass, Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Chusion. 


Sebagai salah satu penggemar produk dari brand lokal ini, jelas dong aku teracuni dengan mudahnya. Seperti apakah sepak terjangnya di wajahku? Mari segera kita bahas yuk.

Tentang Produk


Tidak hanya menggadang-gadangkan trend chusion, base makeup ini juga membawa konsep yang menarik. Demi-matte, menjadi klaim pada finishnya. Aku juga nggak begitu paham demi-matte itu jelasnya seperti apa? Karena berusaha googling, kok ya nggak ketemu.

Tapi dari deskripsi produk, dijelaskan bahwa chusion ini dirancang untuk medium to full coverage. Ditambah dengan soft focus. Agar kulit terlihat sehat dan halus juga mulus. Mungkin maksudnya matte, tapi nggak yang jadi pale dan kaku gitu kali ya?  

Powerstay chusion juga diformulasikan dengan moisturizer dan oil absorbent. Yang menjaga minyak berlebih dan menjaga kelembaban kulit. Sudah ada UV Protectionnya juga. SPF 50 PA++++. Waw!

Info Produk

Netto: 15 g
Manufactured by: PT Cosmax Indonesia
Formulation concepted & Distributed by: Make Over. PT Paragon Technology And Innovation.
Price: @215.000 IDR (saat aku beli sedang sale di Sociolla jadi @185.000 IDR.
Where To Buy: Saat tulisan ini dipublish, masih dijual exclusive Sociolla.

Packaging


Make Over banget! Itu lah kira-kira gambaran dari keseluruhan kemasaanya. Dominasi hitam dan kental akan nuansa monokrom. Desainnya simpel dan elegant. 

Terdiri dari box dan jar chusionnya dengan desain yang minimalis. Berbentuk bulat dan terdapat cermin di dalamnya. Btw, itu cerminnya agak burem karena segelnya cerminya harus di buka lagi ya. 

Dilengkapi dengan puff yang menurutku agak tebal untuk ukuran puff chusion. Permukaan puffnya lembut seperti velvet. Ada handlenya. Puff antibakterial ini tahan air lho. Sehingga tidak menyerap produk. Dan sepengalaman aku pakai, ya memang begitu. Setuju sama klaim puffnya. Berkualitas.


Diantara chusionnya, ada partisi tempat puff. Biar lebih higienis gitu ya. 

Ketika baru dibeli, bagian chusionnya disegel dengan stiker lagi. Jadi lebih terjamin safetynya gitu ya kan.


Chusionnya berupa sponge berpori halus dan rapat. Empuk dan mudah untuk mengeluarkan produknya. Jadi ketika di stamp pelan aja, produk udah nempel ke puff.

Shade 

Chusion ini secara keseluruhan memiliki 6 shade. Sama seperti seri Powerstay lainnya, di sini Make Over sudah meng-klasifikasi-kan undertone pada shadenya.

W = warm

N = Neutral

C = Cool 

Jadi kode undertone dulu baru kode shade. Kayak shade yang aku pilih. W 42 Warm Sand. 

Sebenarnya aku sempat kelimpungan milih shade. Saat aku beli, swatchnya hanya berupa palet warna, bukan swatch di tangan. Ada tapi belum jelas dan belum banyak. Karena memang masih baru kan. Tapi aku mutusin untuk lihat dari undertone aja. Aku milih yang awalnya W. Lalu cari yang gelap, eh yang seri W cuma dua shade. W 22 dan W 42. Yang ternyata W 42 ini belum masuk kategori tan. Masih di zona medium aja. Hiks.


Masih keterangan untuk kulitku yang warm undertone dan tan ini. Setelah dipakai, jadinya juga agak ashy (lihat foto di bagian Finish nanti ya). Padahal udah aku timpa pake powder yang gelap. 

Boleh dong MO, keluarin shade untuk warm undertone yang lebih gelap dikit pliss. 

Tekstur


Teksturnya kalau aku coel pake tangan, berasa agak kental ya. Karena aku pernah pakai foundation make over yang Ultra Cover Liquid Matt, aku menyimpulkan ini sedikiiiit lebih padat dari yang itu.

Formula

Foundation ini cukup mudah diaplikasikan. Easy to blend. Mudah rata dan karena nggak begitu cepat kering, jadi enak dibaurin kewajah. 

Awalnya kerasa agak cakey dan berat. Bahkan dikulitku yang kering, pleketnya terasa banget. Makanya abis ratain keseluruh wajah, aku langsung set pakai loose powder (dikit). 

Memang sih, lambat laun semakin ringan dan cakeynya berkurang. Tapi tetap tidak benar-benar hilang. Masih ada efek cakey tapi nggak separah pertama pakai.

Foundation ini nggak oksidasi. Justru aku berharap dia agak oksi, agar nggak keterangan di kulit wajahku. Hihihi.

Coverage

Coveragenya oke ya, satu stamp bisa untuk semuka. Medium to full coverage. Tapi menurutku, kalau kalian mau full coverage jangan layer keseluruh wajah. Cukup dibagian yang ingin ditutup ekstra aja yang ditimpa lagi. Kalo semuka agak heavy jadinya.


Dari foto di atas bisa lihat kan, kalau bekas jerawatku jadi tertutupi. Bekas kemerahan juga ketutup. Tapi sayang, efek blur untuk pori-porinya nggak kerasa sih. Pori-pori dan smile line tetap terpampang nyata beb.

Finish

Dari nama produk dan klaim ada kata matte-nya. Tapi aku malah ngerasa ini nggak ada mattenya. Hihi. Menurutku malah di kulit keringku kelihatan dewy sekali. Glowing-glowing gitu. 


Kelihatan oily dan kayak lumer banget ya? Tapi pas aku pegang wajahku. Nggak se-oily kelihataanya. Dan nggak lumer sampe transfer kemana-mana juga.

Oia, kalian bisa lihat juga ashynya kan. Mungkin kalo shadenya pas, bakalan lebih kece lagi kelihatan finishnya. 

Lasting Power

Ketahanannya tanpa dibantu powder cukup low ya. Sekitar 5 jam udah buyar deh. Bekas jerawat mulai kelihatan lagi. Itu dalam kondisi udah kenak wudhu dua kali. Aktifitas kebanyakan indoor dan cuaca mendung. 


Kayaknya selain harus set pakai powder, tapi ya harus touch up lagi juga.

Conclusion

Jadi chusion ini sebenarnya hasil finishnya bakalan kece sih, ada efek glowingnya. Walaupun jauh dari kata matte. Ada cakeynya dikit. Tapi lama-lama berkurang.  Atau inilah yang dimaksud demi-matte? Dewy tapi nggak lumer dan mudah transfer gitu? Beneran nanya. Hihi.

Coveragenya oke, tapi karena shadenya keterangan di kulitku. Jadi nggak benar-benar maksimal. Semoga next nambah shade lagi ya MO. Biar nggak ashy aku makeknya.

Pros

- Packaging simpel
- Puffnya nyaman
- Easy to blend
- Coverage medium to full
- Finishnya malah dewy menurutku
- Tidak transfer 

Cons

- Agak cakey
- Shade kurang banyak. Mau yang lebih tan lagi. 
- Lasting power low

Repurchase?

Mungkin kalau ada shade yang pas, bisa jadi sih.

Rate

3,5/5

XOXO

Madamabi___

1 comment:

  1. Cukupkanlah wajahku dengan Maybelline Fit Me ya Tuhan. Jangan tergoda dengan ini apalagi lumer2 ��

    ReplyDelete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Repurchase? Yass! | Batch 1

Holla... Repurchase? Yas! Untuk yang suka baca blog aku, atau blognya beauty blogger lain. Pasti akrab dengan dua penggalan k...