Thursday, May 30, 2019

Review: Maybelline Superstay 24H Full Coverage Foundation 220 Natural Beige | Ada Cara Untuk Menangkal Oksidasinya Lho!


Holla...

Menggunakan foundation atau base makeup, tidak hanya untuk menutupi ketidak sempurnaan di wajah. Tetapi juga agar makeup bertahan lebih lama. Apalagi aku tipe yang kalau keluar rumah seharian, biar sekaligus beres gitu. Jadi jelas butuh yang lasting powernya awet, juga coveragenya maksimal.

Foundation sebelumnya sih aku suka. Tapi aku masih ingin mencari yang lebih baik. Pas banget, sempat lihat reviewnya Suhay di IGSnya, tentang Maybelline Superstay 24H Full Coverage Foundation. Disitu dia nggak hanya review, tapi juga menguji performanya. Yang paling racun selain coveragenya, adalah katanya sih nggak mudah crack dan finishnya natural dan bikin kulit jadi flawless. Kan jelas aku tergoda. Walaupun sempat cemas dengan isu oksidasinya.

Nah ini dia ulasan aku setelah pakai produk ini, dan ada cara untuk menghadapi oksidasinya beb. Cuss dibaca terus ya.

Tentang Produk

Foundation ini diklaim dapat memberikan coverage maksimal atau full coverage. Tahan selama 24 jam. Dengan oil control dan shine free. Dirancang dengan formula yang nyaman dan kabarnya breathable. Base makeup ini juga oil free sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Nah, apakah klaim produk tersebut berkerja dan terbukti di kulitku?

Source: www.maybelline.com

Secara global Maybelline 24HR Full Coverage Foundation, dinobatkan sebagai  2018 Best Of Beauty Award versi majalah Allure. 

Info Produk

Netto: 30 ml
Prod By: Yicang Tianmei International Cosmetics FOR Maybelline New York. (Buat yang belum ngeh, yasss beb! Made in china)
Price: @209.000 IDR (Aku beli pas discount di Sociolla jadi @167.200 IDR
Where To Buy: Counter Maybelline (Sogo, Matahari, Guardian, dll), Sociolla & E-Commerce (Official acount @ Shopee, Tokopedia, dll).

Packaging


Kemasaannya termasuk sederhana. Berupa botol kaca bening, yang cukup tebal. Dilengkapi dengan tutup berwarna putih. Aplikatornya berupa pump yang praktis. Lubang pada aplikatornya juga memiliki ukuran yang pas. Produk keluar dalam porsi yang tepat. Nggak kebanyakan maupun terlalu sedikit. Jadi sekali pump cukup untuk satu layer.


Tapi sangking simpelnya, produk ini benar-benar begitu saja. Tanpa box dan tanpa tebungkus segel plastik lagi. Hanya stiker perekat antara botol dan tutup. Itupun ketika sampai di aku, stikernya sudah dalam kondisi tidak bersatu. Aku nggak menyalahkan pihak penjual ya. Karena memang bentuk perlindungan seperti itu memang ringkih.

Mungkin bisa jadi masukan untuk pihak Maybelline untuk mempertimbangkan box, atau minimal plastick seal. Apalagi material tube memang rawan pecah. Lagian mengingat bandrol harganya, tidak benar-benar termasuk dalam kategori terjangkau ya menurutku. 

Shade 220 Natural Beige

Yang paling aku cemaskan dari foundation ini adalah, oksidasinya. Mengingat si Fit Me kemarin cukup oksidasi, jadi yang ini memang bikin cemas. Namun karena sudah kadung keracunan Suhay. Aku memutuskan untuk tetap beli.

Tapi untuk mengakali agar wajah tidak gosong, aku pilih dua shade lebih terang. Jadi harusnya aku pakai yang shade Honey. Berkat memandingakan dari swatch dan review sana-sini. Akhirnya aku pilih yang Natural Beige.

Natural beige ini sebelum oksidasi, warnanya light beige. Undertonenya netral. Pas oksidasi, jadi dark beige. Masih masuk di skintoneku yang medium-tan warm undertone. 


Begitu dipakai, tidak membuat wajahku menjadi ashy lho. Kalian bisa lihat penampakannya di bawah nanti ya.

Tapi aku masih ingin punya yang agak golden beige warm undertone sih. 

Performa


Teksturnya cukup kental. Ketika di apply juga masih terlihat kekentalannya. Tapi okenya, dia benar-benar easy to blend. Mudah banget rata dan ngesetnya. Bahkan beauty sponge aku yang biasanya nggak enak dipakai, jadi enak dipakai dengan foundation ini. 

Seperti yang aku sebutkan sebelumnya produk ini oksidasi. Tapi oksidasinya hanya di duapuluh menit pertama aja. Jadi, dia menggelap di awal. Tapi proses penggelapan warna tidak berlangsung sepanjang hari. Jadi nggak ada cerita makin lama makin gosong. Tapi karena aku pilih dua shade lebih terang. Jadinya begitu oksidasi, dia malah nyatu sama kulitku.


Untuk klaim full coverage, formulanya menurutku sangat ringan. Aku nggak kerasa berat dan tebal pas pakai ini. Memang, ketika baru apply aku merasa "kok kayak cakey ya?"

Tapi begitu ngeset malah jadi natural. 




Oia, ini dalam keadaan dua layer pun tetap ringan dan nggak cakey menurutku.

Coveragenya juga wuidih... Sekali poles langsung medium. Nggak ada cerita sheer-sheer-an deh. Langsung medium, lalu begitu dua layer agak full sih. Mungkin dua setengah layer deh baru beneran poll coveragenya.

Before -1 layer - 2 layer

Bekas jerawat baik yang memerah maupun menghitam bisa ditutup. Area under eye juga bisa, tapi memang pas difoto aku nggak fokusin di area bawah mata. Menurutku kalau pakai ini, kamu nggak perlu concealer lagi. Tinggal di layer aja pakai foundation ini juga. 

Finishnya matte, tapi masih bersahabat di kulit kering. Walaupun nggak pakai primer, dia tetap ramah di kulitku. Walaupun memang di beberapa tempat, seperti smile line. Masih kerasa sih zona keringnya. Tapi baiknya, nggak sampai cracking parah kayak jalan retak gitu.

Tapi menurutku untuk kulit kering, baiknya nggak usah di timpa powder lagi. Kalaupun masih mau pakai powder, mungkin tap-tap tipis aja. 

Oil controlnya cukup oke. Memang kulitku kering. Tapi kan biasanya kalau pakai makeup full produksi minyak juga mayan. Ini nggak kerasa berminyak banget.  

Pori-pori juga kelihatan lebih blur. Tekstur kulit jadi lumayan flawless. 

Lasting Powernya itu, cukup membuatku bingung untuk mendeskripsikannya. Jadi ketika aku pakai, sekitar hampir lima jam. Dia memang mampu membuat riasan tetap stay. Tapi, coveragenya menurun. 

Dalam kurun waktu tersebut, aku udah dua kali wudhu. Lalu aktifitas juga indoor-outdoor. Foundation ini nggak crack dan nggak jadi gumpal sih. Cuma yaah... Lasting powernya tidak begitu pas seperti klaimnya. 



Mungkin kalau di-set lagi dengan powder jadi lebih awet ya. Disini, aku hanya tap-tap dengan puff, tanpa menambahkan powdernya lagi.

Caraku Mengatasi Kemungkinan Oksidasinya Ketika Membeli

Nah ini yang sering bikin galau sebagian orang yang ingin nyobain foundation ini. Takut banget oksidasinya jadi bikin muka gosong. Dan was-was dengan akan seberapa oxidasenya dia di kulit kita. Apalagi kalau belinya online kan. Pasti jadi ragu banget. 

Itu yang aku rasain pas mau beli kemarin. Ini dia tips yang aku pertimbangkan sampai akhirnya berani memutuskan beli shade yang mana.

1. Bandingkan beberapa review, baik blog maupun you tube.
2. Sudah sedia powder atau foundation untuk mixing dengan tone lebih muda maupun lebih gelap. 
3. Ingat apakah punya riwayat oksidasi dengan produk serupa. Baik sama brand maupun beda brand. Aku memang cenderung oksi kalau pakai foudnation.
4. Berdasarkan pengalamanku, paling aman pilih dua tone lebih terang.
5. Akali dengan bronzer kalau masih keterangan. Atau highlight jika terlalu gelap.

Conclusion

Aku cukup senang dan jatuh cinta sih sama foundation ini. Karena oksinya nggak terlalu parah dan bikin gosong. Hasil finishnya yang matte juga bikin kulit jadi flawless. Teksturnya juga enak banget di blend. Nggak crack di kulit keringku. Dilayer dua kalipun tetap ringan. 

Coveragenya memang nampol dilayer pertama. Tapi menurun beberapa jam kemudian. Packagingnya juga cantik, tapi inginnya sih pakai segel atau box ya. Biar lebih safe. 

Secara keseluruhan sih aku rekomendasiin produk ini, untuk kalian yang mencari base makeup ringan dengan hasil flawless dan full coverage.

Pros

- Super lightweight 
- Matte finishnya masih aman dikulit kering
- Bikin kulit flawless
- Full coverage
- Oksidasinya (di aku) hanya di 20 menit pertama.
- Nggak crack, walaupun ada tapi halus banget

Cons

- Coveragenya lama-lama menurun
- Kemasaan tidak ada box dan segel

Repurchase

Maybe yes. Masih benar-benar nyari shade yang pas sesuai skintone dan undertone.

Rate

4/5

XOXO

Madamabi___

No comments:

Post a Comment

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Review: Rejoice Hijab Perfection 3 In 1 Perfect Cool

Assalamualaikum. Holla... Selama lebih dari sepuluh tahun menggunakan hijab, aku belum pernah menggunakan Shampoo khusus hijab manap...