Sunday, November 24, 2019

Dry Skin Besties | Produk Skin/Body Care Favorit Si Pemilik Kulit Kering

 

Holla…

Postingan kali ini, merupakan versi panjang dari postingan di feed Instagramku beberapa waktu lalu. Jadi di sini aku bukan ingin membahas tentang skin care routine. Tapi ingin membagi pengalamanku, tentang produk-produk skin care apa saja yang cocok bagi pemilik kulit kering. Aku menyebutnya dengan julukan, dry skin besties.

Tidak hanya jenis produk, tapi bentuk tekstur dan bagaimana sensasi formulanya  diserap oleh kulitku. Yang terakhir itu, memanglah hal yang paling menentukan ya. Karena, kulit kering ini memang sangat sulit untuk menerima peresapan dari produk (menurut pengalaman dan reaksinya padaku ya, bisa berbeda pada setiap orang memang).

Tentunya aku juga bakalan membocorkan produk apa saja yang aku rekomendasikan. Kali aja dibutuhkan. Hihi.

Berikut ini adalah beberapa produk skincare yang menurut aku tuh bener-bener holy grail. Nggak bisa lepas deh dari mereka deh pokoknya. Walaupun memang masih berpetualang mencari yang paling cocok. Baik di wajah dan kantong. Karena kalau udah pas bener sih, ngga mau pindah-pindah produk dulu beberapa waktu ini.

Jadi, kalau mau membeli produk skin care. Kriteria produk yang begini lebih aku utamakan.


Hydrating Toner

Aku tanpa toner? Ya hampa beb. Wkwk

Jadi toner itu memang senjata andalan kulit kering kayak aku. Habis cuci muka, cus deh aku langsung nepukin toner ke wajah. Kalau ngga, ya berasa banget kakunya wajah ini.

Bahkan sebelum aku benar-benar fokus pada hydrating, kulitku bisa sampai terkelupas dan perih kalau habis mencuci wajah.

Tapi lambat-laun, semakin aku sadar jenis dan kebutuhan kulitku, hal tersebut ngga terasa semakin parah.

Untuk jenis toner sendiri, aku suka yang cair banget dan ringan seperti air dan yang berbentuk gel. Tapi untuk gel toner, memang ngga semua cocok. Ada beberapa yang jadi menyumbat pori-pori dan jatuhnya malah lengket.

Intinya sih aku suka dengan toner yang cepat meresap dan ringan formulanya. Tentunya juga yang cepat menstabilkan ph kulitku.

Lalu, toner apa saja yang pernah aku coba dan berhasil mencuri perhatianku?

Fanbo Acne Solution Face Toner

Mamonde Floral Hydro Ampoule Toner

Sukin Original Hydrating Mist Toner

Face lotion / Emulsion

Ahh.. yang ini sih beneran parah efeknya di aku. Ngga hanya melembabkan tapi juga bikin tekstur kulit jadi lebih baik seketika. Iya seketika!

Udah jelas la ya, kulit kalau habis dibersihkan untuk kan kondisinya menurun ya. Pakai toner, iya, lebih stabil. Kemudian, si face lotion ini seolah memberi nutrisi ke kulitku. Emang sih perasaan aku aja kali ya, tapi kan karena kan aku yang rasa bok. Jadi setelah pakai face lotion atau emulsion, kulit jadi lebih supple.


Emang apa bedanya face lotion / emulsion dengan moisturizer? Untuk fungsi memang sama-sama memberi kelembaban. Tapi kalau face lotion/emulsion lebih ringan aja. Jadi lembab dan nyerapnya juga lebih enak.

Nah ini nih Face Lotion/Emulsion yang aku suka:


Hada Labo Ultimate Anti-Aging Lotion

Mamonde Floral Hydro Emulsion

Hydro cream / Gel

Untuk moisturizer, aku lebih senang pakai yang hydro cream/gel. Aku ngga begitu ngeh sama perbedaan cara kerja moisturizer berdasarkan jenisnya (sebutlah humektan dan kawan-kawannya). Aku fokus pada moisturizer yang memang lebih diutamakan untuk dry skin. Umumnya sih hydro gel/cream.

Selain memang lebih “jodoh” sama jenis kulit, biasanya hydro cream/gel lebih bersifat soothing dan tidak memberikan efek gerah. Efek yang sering aku rasakan kalau pakai moisturizer cream yang creamy, padat dan rich. Ada yang samaan?

Sejauh ini sih, hydro gel yang oke untukku yaitu:

Mamonde Floral Hydro Gel

Elsheskin Hydrating Moisturizer Cream

Hydrating Face Mist

Ini yang nemuin siapa sih? Jenius banget! Facemist itu menurutku, memang lebih nampol dalam hal memberikan efek hydrating secara instan.

Belum lagi sensasi sejuknya yang ademin kulit dan hati. LOL.

Pokoknya face mist itu memang bikin nagih dan selalu menarik bagiku.

Walaupun memang ada sih face mist yang klaimnya memberikan efek lembab yang jatuhnya malah greasy. Tapi banyak juga facemist yang memang untuk hydrating dan ngasih efek seger. Teksturnya juga seringan air. Jelas inilah face mist idaman versi aku. Apalagi kalau ada aroma floral yang bikin lebih rileks.

Face Mist yang performanya sesuai kriteria yang suka adalah:

Mamonde Floral Hydro Mist

Wardah C Defense Face Mist

Sheet Mask

Sheet mask bukan aja bermanfaat untuk kulitku, tapi juga memiliki dampak menyenangkan untuk mood. Apalagi sekarang semakin menjamur produk sheet mask, dan dibandrol dengan harga-harga yang masih masuk akal. Belum lagi promo-promo diskon juga makin rame.

Bagiku, sheet mask paling efektif meningkatkan kelembaban wajah. Ditambah lagi dengan  efek-efek tambahan lain. Seperti mencerahkan, membersihkan pori-pori, soothing, dan banyak klaim bawaan pada produk masker lembar lainnya.

Kalau ditanya sheet mask apa yang paling cocok di kulit keringku, jawabannya sih banyak. Beberapa diantara adalah:

Innisfree My Real Squeeze Mask Cucumber
Citra Glow Recipe Juicy Sheet Mask Green Tea + Yuzu Orange
Citra Glow Recipe Juicy Sheet Mask Activated Charcoal + Pomegranate
ST.Ives Soothing Sheet Mask Oatmeal
Emina Masquerade Face Mask Sunflower Seed Oil
Emina Bright Stuff Essene Sheet Mask
Garnier Serum Mask Hydra Bomb Pomegranate

Body Lotion

Karena yang kering bukan hanya wajah, tapi sekujur tubuh. Wkwk. Jadi body lotion juga ngga bisa banget aku skip. Rasanya kulit langsung perih deh kalau ngga pakai lotion.

Duluuu sekali, sempat sih mengabaikan body lotion. Karena kan kalau iklan seringnya mengedepankan klain lotion sebagai “pemutih” sedangkan aku ngga masalah dengan kulit tan-ku. Jadi karena di bentuk seperti itu, yang nancep di benakku, ya cuma fungsi untuk warna kulit.

Tapi semakin ke sini, makin paham bahwa body lotion sangat berperan dalam kesehatan kulitku. Jadinya semager apapun berusaha melawan diri untuk ngga skip pakai.

Body lotion yang biasa aku pakai sih seringnya dari brand Vaseline, walaupun suka gonta-ganti varian.

Lip butter / Balm

Aku dari zaman SMP emang udah suka pakai lip balm, tapi karena centil aja. Haha. Iya karena seneng dandan, tapi belum dapat ijin dandan beneran. Jadi masih diizinin pakai lip balm, compact powder pigeon dan body lotion aja.

Tapi kalau sekarang, karena memang butuh. Singkat cerita aja deh. Kulit terawat, kalau bibir pecah-pecah sampe terkelupas mah sama aja ya beb. Belum lagi rasanya ngga nyaman dan ngga enak kalau bibir sampai kering dan terkelupas.

Kalau lip butter aku biasa pakai pada malam hari. Sedangkan lip balm lebih untuk daily, baik saat pakai lipstick maupun tidak.

Produk pelembab bibir favoritku dari dulu sampai saat ini adalah:

The Body Shop Lip Butter (Aku suka yang Guarana dan Chocomania
Nivea Lip Butter Raspberry Rose
Nivea Lip Balm Pop Ball Pink Watermelon & Pomegranate

Sunscreen Yang Moisturizernya Nampol

Menggunakan tabir surya jelas penting, apapun  jenis kulitnya. Tapi sebagai pemilik kulit kering, aku merasakan lebih nyaman memang jika sunscreen yang digunakan memberikan kelembaban esktra.




Aku senang dengan beberapa produk sunscreen. Tapi berikut ini adalah produk yang paling cocok untuk pemilik kulit kering. Paling tidak sejauh yang pernah aku coba ya.

Elsheskin Daily Protection For Acne
Nivea Sun Crème Care UV Cream SPF50+ PA++++
   
Buah, Sayur dan Tentunya Air Putih

Ini memang kayaknya klise banget ya. Dari kecil juga sering dengar ini. Kadang mah suka dicuekin petuah pentingnya minum air putih yang cukup dan konsumsi sayur dan buah. Tapi setelah aku praktekin secara rutin, aku memang sadar benar kalau hal tersebut bukan mitos semata.

Jadi ya beb, jauh-jauh banget kita pakai porduk ini itu, kalau pola hidup yang standart kayak makan minum yang benar belum diterapkan.

So, selalu minum air putih yang cukup dan konsumsi buah dan sayur ya beb. Penting banget lho itu.

Kalau kamu beb, apa sih skin besties-nya?

XOXO

Madamabi___



1 comment:

  1. Sebagai pemilik kulit kering menjaga kulit agar tetap terhidrasi itu penting banget. Sekarang ini lagi suka sama Hatomugi Skin Conditioner..

    ReplyDelete

Hai. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Silahkan memberi komentar yang baik dan tentu saja sopan ya dear. 😘

Repurchase? Yass! | Batch 1

Holla... Repurchase? Yas! Untuk yang suka baca blog aku, atau blognya beauty blogger lain. Pasti akrab dengan dua penggalan k...